Kapolres AKBP Andi M Indra Waspda Amirullah didampingi Ketua Bhayangkari Wonogiri Ny Andi (kedua dari kesatu dari kiri), menyerahkan bantuan bibit tanaman produktif kepada warga, dalam rangka melaksanakan gerakan penghijauan.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam rangka menyambut peringatan HUT Ke-78 Bhayangkara Tahun 2024, Kamis (27/6/24), Polres Wonogiri memprakarsai gerakan penghijauan di Dusun Susukan, Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, gerakan penghijauan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah. Ikut mendampingi Kapolres, Ketua dan Pengurus Bhayangkari Cabang Wonogiri beserta para Pejabat Utama (PJU) Polres. Juga hadir jajaran Forkompimcam Kecamatan Selogiri, Pamong Desa bersama masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan penanaman ratusan bibit tanaman produktif jenis buah-buahan. Harapannya, agar tanaman penghijauan terawat lestari dan warga dapat memetik buahnya.

Gerakan penghijauan ini, diharapkan dapat menggugah semangat masyarakat, dalam menjaga kelestarian alam. Yang dampaknya, dapat melestarikan potensi sumber air, juga untuk membuat udara sejuk dan berkualitas, terbebas dari pencemaran. Juga menjadi bagian dari upaya mengurangi pemanasan global, dan demi mewujudkan konservasi tanah agar terbebas dari erosi.

Selain kegiatan penanaman pohon buah-buah dan tanaman keras untuk penghijauan, dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan acara panen tanaman sayur, yang merupakan upaya untuk mendukung ketahanan pangan masyarakat.

Panen perdana ini, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi anggota dan masyarakat sekitar, untuk lebih aktif dalam bercocok tanam. Khususnya melakukan budidaya tanaman produktif dengan memanfaatkan lahan di pekarangan rumah. Harapannya, dapat mengurangi ketergantungan pasokan sayur-sayuran dari luar daerah, dan demi meningkatkan kemandirian pangan masyarakat.
Bambang Pur