Siapkan Pengurus dalam Berkhidmah, MWCNU Kota Jepara Agendakan PD-PKPNU.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kota Jepara gelar rapat koordinasi dengan Pengurus Lakpesdam PCNU Jepara terkait pelaksanaan Pendidikan Dasar, Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama atau yang disebut PD-PKPNU.

“Kegiatan ini tindak lanjut dari rapat pertama di rumah Adi Sucipto, terkait hasil keputusan MWCNU Kota akan melaksanakan PD-PKPNU pada tanggal 26 s.d. 28 Juli 2024 di Kampus Unisnu Jepara, dan ini proses surat ijin tempat dan pemberitahuan ke PCNU Jepara akan segara kami proses,” ujar Rudi Panitia PD-PKNU MWCNU Jepara di sampaikan saat rapat bersama dengan Lakpesdam PCNU Jepara di Gedung MWCNU Kota Jepara, Jum’at, (30/05/2024).

“Saya mohon arahan dari Ketua Tanfidziyah MWCNU Kota Jepara dan Pengurus Lakpesdam PCNU Jepara, sehingga pelaksanaan PD-PKPNU ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, “ terang Rudi.

Sementara itu, Aunur Rofiq menyampaikan kegiatan PD-PKPNU menjadi program MWCNU Kota Jepara yang sudah kita sepakti bersama, oleh karena itu kita harus melaksanakan dengan baik, untuk menyiapkan kader-kader terbaik MWCNU Kota Jepara untuk menyiapkan kader masa depan untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu di Nahdlatul Ulama.

“Tugas-tugas panitia harus laksanakan dengan baik, mohon kiranya Lakpesdam PCNU mengawal kegiatan ini sampai tuntas dan terlaksana dengan baik,” imbuhnya.

Khoirul Muslimin ketua Lakpesdam PCNU Jepara saat rapat mengapresiasi MWCNU Kota Jepara telah mengagendakan PD-PKPNU. Khoirul mengatakan PD-PKPNU sangat penting bagi pengurus MWCNU, NU Ranting, Lembaga dan Banomnya.

Sistem kaderisasi NU bertujuan membekali para pengurus yang berkhidmah di dalam struktur Perkumpulan NU agar dapat menjalankan tugas-tugas keorganisasian dengan baik.

“Pelaksanaan PD-PKPNU menjadi kewajiban bersama antara MWCNU dan juga Lakpesdam PCNU. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Kaderisasi nomor 2 Tahun 2022 Bab VI Penyelenggaraan Pasal 11 menyatakan MWC-NU pada klasifikasi kelompok A menyelenggarakan PDPKPNU minimal 1 (satu) kali dalam satu tahun,” ungkap Khoirul.

“Kami ucapkan terima kasih atas peran aktif dari MWCNU Kota Jepara yang telah merencanakan melaksanakan program kaderisasi di tingkat MWCNU. Ini menjadi PD-PKPNU Angkatan ke-7 di tingkat PCNU Jepara. Oleh karena itu kami mohon dukungan agar masing-masing MWCNU se-Kabupaten Jepara minimal 1 kali dalam setahun. Tugas Lakpesdam PCNU saat ini fokus pada kaderisasi di masing-masing MWCNU. Tahapan selanjutnya nanti yang menjadi kewenangan Lakpesdam PCNU menyelenggarakan PMKNU,” ujar Khoirul.

Saat rapat Harun Salim selaku Bendahara MWCNU Kota Jepara menyampaikan bahwa pembiyaan pelaksanaan PD-PKPNU nanti besifat gotong royong tidak dibenkan semua kepada peserta.

“Kontribusi tetap 300 ribu, tetapi ada subsidi dari MWCNU 100 ribu, dan juga dari Pengurus Ranting NU juga memberikan subsisi 100 ribu. Jadi nanti peserta hanya membayar 100 ribu. Dan ini sudah disampaikan di Pengurus Ranting NU lewat kegiatan rutin MWCNU,” terangnya.

“Target peserta maksimal 160 kita kunci, ini sudah kita hitung untuk MWCNU, Lembaga, dan Banon dari MCNU sampai Pengurus Ranting NU wajib ikut. Untuk tempat memang kita tempatkan di Unisnu Jepara, ini proses pengajuan surat ini. Kita cari di kota tempat yang bisa menampung 160 orang dengan kapasistas MCNU belum ada yang memadai. Hasil rapat kita pilih Unisnu Jepara, sebagai tempat kebanggaan warga NU di Jepara,” terang Harun.

Turut hadir dalam rapat Pengurus Lakpesdam PCNU Jepara M. Fuad Hasyim, Misbahus Sholihin, Syuriah MWCNU KH. Nur Rohmad. Pengurus Tanfidziyah Dwi Yatno, unsur Fatayat NU Cicik Faria Indah, GP Ansor, IPNU-IPPNU Kota Jepara.

ua/muslimin