Mengenakan Busana Kejawen Jangkep, Wakil Bupati (Wabup) Pacitan, Gagarin (kedua dari kanan) menyerahkan Bendera Merah Putih, untuk dikibarkan dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tanggal 1`Juni 2024.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di Kabupaten Pacitan, Jatim, Sabtu (1/6/24), diperingati secara spektakuler. Gelar upacaranya dilaksanakan dalam nuansa Budaya Nusantara, disertai penyerahan Bendera Merah Putih sebanyak 10 juta lembar.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, upacara ditandai dengan pengibaran Bendara Merah Putih, bertempat di halaman Pendapa Kabupaten. Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Wakil Bupati (Wabup) Pacitan, Gagarin.

Orang kedua di Kabupaten Pacitan ini, tampil mengenakan busana Kejawen Jangkep (Adat Jawa lengkap). Yakni memakai beskap (baju Jawa) warna hitam Kepangeranan (Bangsawan Keraton), tutup kepala (blangkon) corak batik Modang dan kain jarik batik pola Lereng didominasi guratan garis-garis miring. Memakai Centela (selop sandal khas Jawa), lengkap dengan menyelipkan keris ber-warangka Ladrang gaya Surakarta di pinggangnya.

Upacara diikuti oleh barisan para prajurit TNI, Polri, Satpol-PP, dari Dinas Perhubungan (Dishub), para Aparat Sipil Negara (ASN), Mahasiswa, Pelajar, Pramuka, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Wanita, serta para pendekar silat yang tergabung dalam Ikatan Pencaksilat Seluruh Indonesia (IPSI).

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tanggal 1 Juni 2024, mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.” Dalam kesempatan itu, diserahkan secara sebanyakj10 juta lembar Bendera Merah Putih, kepada perwakilan dari masing-masing organisasi kepemudaan, organisasi perempuan dan perwakilan dari IPSI.

“Penyerahan Bendera Merah Putih ini hanya bersifat simbolis saja. Yang utama, tancapkan semangat dan jiwa Merah Putih di dalam sanubari kita,” pesan Wabup Pacitan, Gagarin.

Nuansa Nusantara, mewaranai dalam gelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di Kabupaten Pacitan, Jatim. Seluruh tamu undangan, kompak menggunakan pakaian khas Pacitan. Sedangkan Forkopimda dan pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan, ada yang mengenakan busana adat khas dari sejumlah daerah di Tanah Air.
Bambang Pur