Kandidat bakal calon Wali Kota Semarang dalam Pilkada Kota Semarang 2024, Ade Bhakti, DPC Golkar Kota Semarang, Jumat (31/5/2024) sore. Foto: Hp

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang yang mencalonkan diri sebagai wali kota dalam Pilwakot Semarang 2024, Ade Bhakti, melakukan sambang jumpa dengan para petinggi partai politik tingkat Kota Semarang.

Manuver dari mantan Camat Gajah Mungkur ini dilakukannya dalam rangka memuluskan langkahnya dalam keikutsertaanya di kontestasi Pilkada Kota Semarang pada November 2024. Terlebih lagi dirinya baru saja mendapatkan surat tugas langsung dari Ketua Umum DPP PSI, Kaesang Pangarep.

“Saya menjadi satu-satunya tokoh eksternal PSI di Semarang yang mendapatkan surat tugas dari DPP Partai Solidaritas Indonesia untuk mengkonsolidasikan dengan DPW dan DPD PSI sekaligus berkomunikasi serta menggalang dukungan koalisi partai di Kota Semarang,” katanya, Jumat (31/5/2024).

Dengan mengantongi surat tugas tersebut dirinya berencana untuk mendatangi seluruh partai politik yang ada di Kota Semarang, terutama partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Mulai dari Jumat (31/5/2024) petang, Ade menyambangi kantor DPC Gerindra Kota Semarang untuk memenuhi undangan yang sebelumnya dikirimkan oleh partai berlambang garuda merah ini. Di sore hari hingga menjelang malam dirinya melanjutkan mendatangi DPC Golkar Kota Semarang untuk mendaftarkan diri menjadi bakal calon wali kota.

“Saya kemarin memang diundang, kebetulan juga di surat tugas dari DPP PSI ditugaskan untuk berkomunikasi dengan partai lainnya, salah satunya Gerindra. Harapannya ini tentu bisa menjadi awal pondasi antara PSI dan Gerindra,” kata Ade.

Disinggung peluang akan head-to-head dengan walikota incumbent dari PDIP, Hevearita Gunaryanti Rahayu, dirinya mengaku siap. Apalagi saat ini ada beberapa nama yang telah mengerucut sebagai cawali.

“Saya pikir dua calon lebih seru, karena sasarannya jelas siapa yang harus dikalahkan. Intinya kita siap jika harus melawan siapa saja,” katanya.

Terpisah, Ketua Desk Pilkada DPC Gerindra Kota Semarang, Joko Santoso, mengatakan, kedatangan Ade Bhakti adalah proses komunikasi politik yang saat ini dibangun dengan Partai Gerindra.

“Beliau ini ingin naik kapal dari Gerindra. Ya ini salah satu bentuk komunikasi politik. Sebelumnya juga sudah berkomunikasi dengan kita, makanya kita undang datang untuk wawancara,” katanya.

Politisi yang biasa disapa Joko Joss ini menjelaskan, dalam penjajakan tersebut semua calon yang telah datang melakukan wawancara memiliki peluang yang sama untuk maju Pilwakot melalui penjaringan Partai Gerindra.

“Peluangnya sama, cuma Mas Ade punya keunggulan, lebih muda dari yang lain dan ini masnya anak muda yang ingin membuat Semarang lebih baik,” katanya.

Senada, Ketua DPC Golkar Kota Semarang, Erry Sadewo, mengatakan, peluang Ade Bhakti dalam kontestasi Pilwakot Semarang 2024 cukup terbuka. Selain dinilai masih muda, punya semangat, dirinya juga dinilai berpotensi menang.

“Semua calon peluangnya sama dan berpotensi menang. Makanya pendaftaran Ade ini juga akan saya bawa saat rapat pimpinan Golkar di Kota Solo malam ini, Jumat (31/5),” kata Erry.

Terkait dengan niat Ade yang akan melakukan komunikasi dengan semua partai yang tergabung di KIM, dirinya mengaku mempersilahkan termasuk berkomunikasi dengan PKS Kota Semarang yang saat ini telah mendeklarasikan koalisi dengan Golkar.

Hery priyono