Rektor USM Dr Supari ST MT, saat mewisuda salah satu mahasiswi dalam Upacara Wisuda Ke-68 USM, di Auditorium Ir Widjatmoko dan Gedung Prof Dr Muladi SH, Rabu (29/5/2024). Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Rektor Universitas Semarang (USM), Dr Supari ST MT mengatakan, pihaknya telah membekali wisudawan-wisudawati dengan berbagai ilmu serta nilai-nilai yang membentuk karakter intelektual, dan karakter yang berke-Indonesiaan.

Karakter berke-Indonesiaan itu contohnya berupa nilai profesionalisme, karakter kebebasan akademis, budaya akademis dan kejujuran intelektual, kesadaran pentingnya kehidupan bangsa yang berbasis Iptek, sikap berbudaya kreatif, aktif, toleransi, dan tangguh serta berani membela kebenaran.

Hal itu seperti yang diungkapkan Dr Supari, dalam Upacara Wisuda Ke-68 USM, di Auditorium Ir Widjatmoko dan Gedung Prof Dr Muladi SH, Rabu (29/5/2024).

BACA JUGA: Rektor USM Mewisuda 522 Lulusan

”Kami berharap, wisudawan-wisudawati dapat menghayati makna syair lagu-lagu yang mengiringi upacara wisuda hari ini. Mulai dari Indonesia Raya, Padamu Negeri, Hymne USM, termasuk janji alumni, yang memiliki makna untuk Anda memiliki karakter dalam kehidupan bersosialisasi,” kata Rektor.

Hadir dalam Upacara Wisuda Ke-68 USM ini antara lain, Anggota Pembina Yayasan Alumni Undip Ir Soeharsojo IPU, Pengawas Yayasan Alumni Undip Prof Dr Priyo Bintoro, Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof Dr Ir Hj Kesi Widjajanti SE MM.

Hadir pula Ketua Senat USM Prof Dr Hardani Widhiastuti MM Psikolog, Wakil Rektor I USM Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP, Wakil Rektor II Dr Titin Winarti SKom MM, Wakil Rektor III USM Dr Muhammad Junaidi SHI MH.

BACA JUGA: Tim PkM USM Beri Pelatihan Penanganan Pascapanen Daun Kelor

Dalam wisuda itu terdiri dari lulusan D3 Manajemen empat orang, S1 Ilmu Hukum (31), S1 Manajemen (91), S1 Akuntansi (52), S1 Teknik Sipil (18), S1 Teknik Elektro (37), S1 Perencanaan Wilayah Kota (17).

Kemudian ada S1 Teknologi Hasil Pertanian (28), S1 Psikologi (41), S1 Sistem Informasi (34), S1 Teknik Informatika (45), S1 Ilmu Komunikasi (47), S2 Manajemen (32), S2 Ilmu Hukum (36), dan S2 Psikologi (9).

Disampaikan Supari, USM punya core values berupa Harmoni, Akuntabilitas, Transparansi, Integritas (HATI). Harmoni, apabila dalam bekerja terdapat masalah, maka menyampaikannya dengan melihat kondisi.

BACA JUGA: Satlantas Polres Wonosobo Gelar Sosialisasi Kepatuhan Lalu Lintas

”Akuntabilitas sebagai bentuk pertanggungjawaban yang melekat pada diri. Transparansi sebagai bentuk keterbukaan dari yang dikerjakan. Sedangkan Integritas, menyatu dengan pekerjaan Anda,” jelasnya.

Sementara itu, Prof Kesi Widjajanti juga memberikan motivasi pada para wisudawan. ”Pada prinsipnya The Best Motivator and Inspirator All of You is Your Family. Anda bisa sukses karena adanya orang tua,” tutur dia.

Menurutnya, jika para wisudawan ingin meneruskan pendidikannya di luar negeri, bisa mencari universitas yang menyediakan beasiswa. USM sendiri kini sudah bekerja sama dengan Dongseo University di Korea Selatan, dengan biaya pendidikan berupa beasiswa. Namun biaya hidup dengan biaya sendiri.

”Kenapa di Korea Selatan itu maju, karena di universitasnya mahasiswa disiplin belajar, tidak ada yang duduk nongkrong. Orang kuliah itu menghargai waktu, waktu itu fungsional. Kami berharap, untuk wisudawan tetap semangat melangkah sampai ke cita cita yang Anda impikan,” ungkapnya.

Riyan