Peserta pelatihan pemanfaatan aplikasi Animaker dalam pembelajaran

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Merpati menggelar acara pelatihan pemanfaatan aplikasi Animaker dalam pembelajaran serta menyatakan kesiapannya untuk mengikuti Kursus Mahir Dasar Pramuka. Acara yang berlangsung pada Sabtu, 18 Mei 2024 ini dihadiri oleh para guru anggota KKG, dengan dukungan penuh dari berbagai pihak.

Foto Narsum Fenni Agustina Kepsek Khirzatul Muluk dan Ketua KKG Agus Triyono

Ketua KKG Gugus Merpati, Agus Triyono, mengingatkan pentingnya Pengelolaan  PMM dalam kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah. “Pelatihan ini bertujuan untuk membekali guru-guru dengan keterampilan baru dalam memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran. Dengan Animaker, kita bisa membuat materi pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif bagi siswa,” ujar Agus Triyono.

Kepala Sekolah SDN 5 Panggang, Khirzatul Muluk, dalam sambutannya mengingatkan kembali peran penting KKG dalam mendukung peningkatan profesionalisme guru. “KKG adalah wadah yang sangat strategis untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan. Pelatihan seperti ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi kita sebagai pendidik,” kata Khirzatul Muluk.

Arahan Satkordicam Bapak Edy Supriyono dan Pengurus Kwarran Kak Mudzakir

Pelatihan ini menghadirkan narasumber  Fenni Agustina yang membawakan materi tentang penggunaan Animaker, sebuah aplikasi yang memungkinkan guru membuat animasi dan video edukatif dengan mudah. Ibu Fenni memberikan contoh-contoh praktis dan sesi praktek langsung yang membuat para peserta antusias.

Acara ini juga mendapat perhatian dari Satkordikcam Jepara, yang turut hadir  Koordinator Satkordik  Edy Supriyono bersama Kak Mudzakir, pengurus Pramuka Kwarran Jepara.

Kak Mudzakir mengajak seluruh guru untuk tidak hanya fokus pada penguasaan teknologi, tetapi juga pada pembinaan karakter siswa melalui kegiatan Pramuka. “Kursus Mahir Dasar Pramuka adalah kesempatan yang baik untuk kita semua meningkatkan kemampuan dalam membina peserta didik. Pendidikan karakter adalah hal yang tidak kalah penting dari akademis,” tegas Kak Mudzakir.

Narasumber, Fenni Agustina Guru Penggerak Angkatan 5

Peserta pelatihan menunjukkan semangat tinggi sepanjang acara, dengan aktif bertanya dan berdiskusi mengenai berbagai teknik dan strategi yang diajarkan. Mereka juga berkomitmen untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam pembelajaran sehari-hari di sekolah masing-masing.

Pelatihan ini tidak hanya menambah wawasan teknis para guru, tetapi juga memperkuat kerjasama dan solidaritas di antara mereka. “Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya acara ini. Harapan kami, setelah pelatihan ini, para guru dapat mengaplikasikan Animaker dalam pembelajaran dan ikut serta dalam Kursus Mahir Dasar Pramuka untuk semakin memperkaya pendidikan karakter siswa,” tutup Agus Triyono.

Dengan berakhirnya acara ini, KKG Gugus Merpati berharap dapat terus menyelenggarakan kegiatan serupa di masa mendatang, guna mendukung kemajuan pendidikan dan pengembangan karakter siswa di Kecamatan  Jepara.

Hadepe – Achmad Fauzan