Mahasiswa USM peserta pengabdian kepada masyarakat berfoto dengan para siswa SMA Masehi 1 PSK Semarang. Foto: Dok Pengabdian USM

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) melakukan Kegiatan Pengabdian oleh Mahasiswa (PMM) SMA Masehi 1 PSAK Semarang, beberapa waktu lalu.

Ketua kelompok Luqman Nashir Rosyada mengatakan, kegiatan ini mewakili upaya terintegrasi untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat melalui pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki mahasiswa.

“Salah satu bentuk kegiatan PMM yang diadakan oleh Mahasiswa Universitas Semarang adalah dalam bidang basis fotografi. Selain memperkuat ikatan antara Universitas Semarang dan SMA Masei 1 PSAK Semarang, kegiatan ini juga secara tidak langsung membantu membangun karakter kepemimpinan, tanggung jawab sosial, dan keterampilan berkomunikasi.

Mereka yang melakukan kegiatan merupakan mahasiswa dari semester 4 Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Semarang. Kelompok terdiri atas 10 orang, dengan Luqman Nashir Rosyada sebagai ketua kelompok dan Mukhoyyar Syafieuddin A sebagai pemateri.

Anggota lainnya termasuk Bagas Gigih Prakusya, Amatius Adi Saputra, Nadya Dian Ayu, Marcelynda Ladya Hartono, Abelia Ramadani, Putri Nur Anisa, Amanda Maheswari, dan Dandy Febryant Eka Putra, serta dosen pemimbing kami Yoma Bagus Pamungkas, S.I.Kom., M.I.Kom dalam mata kuliah Komunikasi Pembangunan.

Selama kegiatan PMM berlangsung, mahasiswa memberikan materi mengenai basis fotografi, termasuk penggunaan ISO, exposure, shutter speed, aperture, komposisi, dan pencahayaan dalam fotografi.

“Selain itu, kami juga menyediakan lima kamera untuk digunakan dalam sesi praktik setelah pemberian materi. Para siswa-siswi SMA Masehi 1 PSAK Semarang menunjukkan partisipasi yang baik dalam sesi praktek, dengan beberapa di antaranya telah memiliki pengetahuan dasar tentang fotografi sebelumnya,” kata Luqman.

Salah satu siswa menyatakan bahwa kegiatan PMM ini sangat membantu dan menginspirasi mereka dalam dunia fotografi. Harapannya, pengetahuan yang diberikan dapat terus diingat dan diterapkan di kesempatan selanjutnya. Pihak SMA Masehi 1 PSAK Semarang juga patut diucapkan terima kasih atas dukungan dan kesempatan yang diberikan untuk menyelenggarakan kegiatan ini.

“Dengan demikian, kontribusi mahasiswa Universitas Semarang dalam memperkaya kreativitas visual melalui basis fotografi memberikan manfaat yang signifikan, terutama dalam era digital dan modern saat ini. Hal ini tidak hanya tentang teknik pengambilan gambar, tetapi juga tentang pengembangan keterampilan intelektual, kreativitas, dan emosional yang esensial untuk kesuksesan di sekolah dan kehidupan sehari-hari,” tambah Luqman.