SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) dosen Program Studi Pariwisata memberikan Pelatihan Penampilan Diri kepada pengelola Kema Merbabu, Kabupaten Boyolali, baru-baru ini.
Kegiatan yang diikuti 22 peserta itu mengambil tema ”Peningkatan Pelayanan Pengelola Glamping Kema Merbabu Kabupaten Boyolali”.
Tim PkM USM terdiri atas Ketua Almas Nabili Imanina, S.Tr.Par., MM.Par, anggota Herman Novry Kristiansen Paninggiran, S.E, M.MPar (Anggota) dan Desika Nur Jannah, S.Pd, M.Mpar.
”Dalam industri perhotelan dan pariwisata, penampilan pengelola hotel terutama yang berada pada posisi frontliner memang merupakan aspek penting agar profesionalitas dan kepercayaan konsumen tetap terjaga,” kata Almas.
Selama kegiatan peserta diberi materi dasar dan praktik singkat mengenai kebersihan diri, standar penampilan dari mulai rambut sampai kaki, standar makeup, ekspresi wajah serta gesture tubuh.
Menurut anggota PkM, Herman Novry K. Paninggiran, pelatihan penampilan diri dapat meningkatkan pelayanan suatu hotel karena tamu akan merasa terkesan dan menjadi konsumen loyal saat mendapat perhatian meskipun kecil dalam hal pelayanan di hotel meskipun hanya sebatas meminjamkan pulpen atau membawakan koper.
Kegiatan mendapatkan respons positif dari para pengelola baik tingkat manajerial maupun operasional Kema Merbabu.
Asisten Operasional Manager Kema Merbabu, Windayati mengatakan, pelatihan tentang penampilan diri sangat dibutuhkan, karena latar belakang sebagian besar pengelola Kema Merbabu tidak berasal dari industri perhotelan sehingga mereka perlu diberi arahan tentang pentingnya menjaga penampilan diri dan bersikap sopan dari raut wajah sampai gerak gerik tubuh.
”Kami berharap, Prodi Pariwisata USM dapat berkelanjutan memberi ilmu kepada kami agar dapat meningkatkan kualitas SDM Kema Merbabu,” ungkap Windayati.
Muhaimin