blank
Kepala DPK Kabupaten Blora Achmad Nur Hidayat, SH, M.Si, MM., menyerahkan piala dan uang pembinaan kepada enam juara lomba perpustakaan sekolah tingkat SMP se-Kabupaten Blora tahun 2023. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) — Lomba perpustakaan sekolah tingkat SMP se-Kabupaten Blora tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora, Jawa Tengah diikuti 26 peserta, meliputi enam komponen penilaian, yaitu komponen koleksi perpustakaan, sarana prasarana, layanan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan perpustakaan dan pengelolaan penguatan perpustakaan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Blora, menyerahkan langsung piala dan uang pembinaan kepada enam juara lomba perpustakaan sekolah tingkat SMP se-Kabupaten Blora tahun 2023, , Kamis (16/11/2023) di ruang pertemuan DPK Blora.

Penyerahan didampingi Kepala Bidang Perpustakaan DPK Blora Nugraheni Wahyu Utami, Kasi Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Blora Dian Ahmad Kindarto, (selaku tim juri) dan Pustakawan DPK Blora Mokhammad Farid Rohmawantika.

Saat menyerahkan piala dan uang pembinaan Kepala DPK Kabupaten Blora Achmad Nur Hidayat, SH, M.Si, MM., berharap semua SMP di wilayah Kabupaten Blora bisa mengelola perpustakaan dengan cerdas dan profesional, serta anak didik bisa diedukasi agar sering datang ke perpustakaan.

“Harapan saya semua SMP di Blora bisa mengelola perpustakaan dengan cerdas ya profesional, dan anak didik kita itu diedukasi untuk sering datang ke perpustakaan, karena samudranya ilmu itu di perpustakaan,” kata Achmad Nur Hidayat.

Kepala DPK Blora memberikan ucapan selamat dan menyampaikan apresiasi kepada enam juara yang telah ditetapkan oleh dewan juri.

“Selamat kepada enam juara lomba perpustakaan sekolah tingkat SMP se-Kabupaten Blora tahun 2023, semoga lebih maju dan lebih baik serta menjadi virus kebaikan bagi sekolah lainnya,” ucap Kepala DPK Blora.

Sementara itu, Kepala Bidang Perpustakaan DPK Blora Nugraheni Wahyu Utami, SP., menjelaskan tujuan diselenggarakannya Lomba Perpustakaan tingkat SMP se-Kabupaten Blora tahun 2023 yaitu untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan di sekolah agar terwujud perpustakaan yang nyaman, menarik dan sesuai dengan standar nasional perpustakaan.

Selain itu, untuk meningkatkan minat dan budaya literasi bagi siswa menuju terwujudnya siswa yang berkualitas dan berdaya saing.

“Mengembangkan inovasi dan kreativitas literasi di sekolah melalui pengembangan ilmu pengetahuan, wawasan dan TIK,” jelas Nugraheni Wahyu Utami, Kepala Bidang Perpustakaan DPK Blora.

Untuk diketahui, enam juara lomba perpustakaan sekolah tingkat SMP se-Kabupaten Blora tahun 2023 yang diselenggarakan DPK Blora, yakni Juara I Perpustakaan Ganesa Pustaka SMPN 1 Cepu, Juara II Perpustakaan Pustaka Lumintu SMPN 3 Cepu, Juara III Perpustakaan Gema Cakrawala SMPN 1 Jiken.

Kemudian, Juara Harapan I Perpustakaan Veda Pustaka SMPN 1 Sambong, Juara Harapan II Perpustakaan Mentari Ilmu SMPN 1 Bogorejo, Juara Harapan III Perpustakaan SMPN 2 Kedungtuban.

Kudnadi Saputro