blank

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat USM melakukan pemberdayaan tim penggerak PKK dalam mengelola penyediaan menu sehat bayi dan balita di Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, baru-baru ini.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Dr. DC Kuswardani, anggota Guruh Mulia Widayat, SE., MM, dan Lusa Mara, SE, MM.

Kuswardani mengatakan, tujuan kegiatan memberikan pemahaman perlunya menyediakan menu sehat bagi bayi dan balita.

”Kami berharap, melalui kegiatan ini bisa mewujudkan salah satu misi dari Kelurahan Tembalang yaitu meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia yang unggul dan produktif untuk mencapai kesejahteraan dan keadilan social melalui terbentuknya generasi emas,” katanya.

Dia mengatakan, gizi seimbang bayi dan balita adalah gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh melalui makanan sehari hari sehingga tubuh bisa aktif, sehat optimal, tidak terganggu penyakit, dan tetap sehat melalui pemberian makanan.
Makanan terbaik bagi bayi adalah air susu ibu (ASI).

”Banyaknya ASI yang dihasilkan ibu tergantung dari status gizi ibu, makanan tambahan sewaktu hamil dan menyusui, stress mental dan sebagainya,” ujarnya.

Menurutnya, bayi boleh mengonsumsi susu formula atau PASI (pengganti air susu ibu), terutama bila ASI tidak mencukupi kebutuhan bayi. Jika ASI sudah mencukupi, hendaknya ASI diberikan selama minimal 4 bulan tanpa makanan tambahan.

”Kebutuhan zat gizi pada bayi dan balita meliputi makro nutrition (kh, lemak, protein) dan mikro nutrition berupa vitamin dan mineral,” ungkapnya.

Muhaimin