Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Hantor Situmorang saat melaksanakan tabur bunga di TMP Giri Tunggal. Foto: Dok/Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jajaran Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah menggelar upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Tunggal Semarang, Rabu (9/8/2023).

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Lahir Kemenkumham atau Hari Dharma Karya Dhika ke 78.

Plt Kepala Kanwil, Hantor Situmorang memimpin prosesi upacara dan secara simbolis meletakkan karangan bunga di monumen pahlawan.

Didampingi Kadiv Administrasi Hajrianor, Kadiv Keimigrasian Wishnu Daru Fajar, dan Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Nur Ichwan, Hantor melakukan tabur bunga di makam para pahlawan, yang salah satunya adalah Mantan Menteri Kehakiman periode 1998-1999 Prof. Muladi.

Pada kesempatan itu Hantor menyampaikan makna dari upacara tabur bunga.

“Hari lahir Kemenkumham itu ada sejarah panjang, dari Republik ini dibentuk Kemenkumham juga ada disana, itu artinya dari perjalanan panjang perjuangan sejarah bangsa dimana Indonesia merdeka sampai bisa berdiri seperti ini ada perjuangan dari para pahlawan,” terang Hantor.

Ia mengatakan, para pahlawan memiliki semangat juang yang berapi-api dan mengorbankan jiwa raga yang perlu ditanamkan kepada seluruh ASN.

“Keberadaan kita sekarang ini memperjuangkan apa yang menjadi cita-cita pahlawan,” ujarnya.

Perjuangan yang dimaksud yakni bekerja dengan gigih yang mengarah pada peningkatan pelayanan dan kesejahteraan bagi masyarakat luas.

“Ketika Indonesia merdeka harus maju dan makmur, kita harus menggelorakan itu terus supaya berjuang di dalam bekerja,” jelas Hantor.

Hadir dalam kegiatan upacara tabur bunga Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrasi dan Fungsional, pelaksana Kanwil, dan para Kepala UPT Semarang Raya.

Ning S