Sejumlah relawan tengah menerima arahan instruktur tim Medis PMI Kota Surakarta dalam refreshing materi pertolongan pertama. Foto: PMI Solo

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta menerjunkan 21 personel untuk memberikan pertolongan pertama dalam laga sepak bola Liga I tahun 2023/2024, antara Persis Solo lawan Persebaya Surabaya.

Penerjunan tim medis yang dilengkapi lima unit mobil ambulance akan berlangsung dalam belasan pertandingan sepakbola di Stadion Manahan Solo mulai 1 Juli 2023.

“Berdasarkan draf jadwal yang diperoleh Tim Ambulance PMI kota Surakarta, akan ada 17 penyelenggaraan pertandingan di Stadion Manahan Solo. Tim Medis PMI kota Surakarta ditunjuk sebagai tim tandu dan siaga ambulance transport dalam Liga 1, saat ini sedang menyiapkan sedang puluhan anggota. Tercatat 30 relawan yang kompeten di bidangnya melakukan refresh materi pertolongan pertama,” kata Kasi Bidang Relawan PMI Solo Barly Shodiq, Jumat (30/6/2023).

Barly Shodiq menuturkan refresh materi  sangat penting dilakukan. Pihaknya  percaya para relawan sudah sangat mumpuni dibidang evakuasi serta pemberian pertolongan pertama. Namun, refresh materi sangat diperlukan agar Tim  lebih siap lagi.

Refresh materi pertolongan pertama yang diberikan kepada relawan, meliputi evakuasi transportasi, penanganan korban banyak (Masal) dan pengenalan alat untuk evakuasi korban,” jelasnya

Masih dalam kesempatan sama CEO PMI Kota Surakarta Sumartono Hadinoto menyatakan ikut bangga dan memberi semangat kepada tim medis PMI Surakarta  yang akan bertugas sepanjang laga Liga 1 di Stadion Manahan.

“Saya turut berbangga pada Tim Medis PMI Solo, karena ini bukan yang pertama kalinya menjadi Tim Tandu dan Siaga Ambulance pada Liga 1 namun beberapa lalu kami sudah diberi mandat untuk melaksanakan tanggung jawab tersebut,” kata Sumartono.

Bagus Adji