WONOSOBO-Meneruskan seri program capacity building ketiga di 2023, 40 pelaku usaha di area Wonosobo mendapatkan coaching clinic mengenai pemasaran digital secara gratis.
Pergerakan industri pariwisata terus bertumbuh di masa pasca pandemi danvpeningkatannya pun semakin signifikan belakangan ini.
Hal itu terlihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan pergerakan wisatawan mancanegara (wisman) serta tingkat penghunian kamar (TPK) mengalami lonjakan yang cukup tinggi. Bahkan, kunjungan wisman pada kuartal pertama2023 meningkat hingga 508,87 persen jika dibandingkan dengan kuartal pertama 2022.
Guna menyambut tren baik tersenut, kapasitas para pelaku usaha wisata pun perlu dimaksimalkan agar bisa tampil prima di era baru (new normal), dengan menghadirkan pengalaman para turis yang menyenangkan selama berlibur dan berdampak positif untuk membangkitkan pariwisata nasional.
Sejalan dengan hal tersebut, tiket.com kembali menghadirkan edukasi peningkatan literasi pemasaran digital melalui program Multistakeholder Forum yang ditujukan bagi pelaku usaha di berbagai wilayah, termasuk Wonosobo yangmemiliki potensi besar dalam sektor pariwisata.
Program Multistakeholder Forum ini merupakan inisiatif dari tiket.com guna membekali para pelaku usaha wisata dalam hal peningkatan kapasitas pemasaran digital serta memberikan tren pariwisata terkini dari sisi nasional maupun daerah setempat.
Kehadiran program ini di daerah “Kota Di Atas Awan” tentunya akan semakin memperlengkapi para pelaku usaha untuk semakin siap menyambut kebangkitan pariwisata Wonosobo.
Komitmen tiket.com untuk terus meningkatkan kapasitas bagi setiap mitra dan pelaku usaha wisata mendapatkan sambutan baik dan dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).
“Penyelenggaraan forum di Wonosobo ini tentu diharapkan dapat mendukung para pelaku usaha wisata agar dapat bertumbuh. Sehingga Wonosobo kian dikenal oleh masyarakat luas akan keindahan dan pesonanya yang belum banyak tersorot,” ujar Co-Founder dan Chief Marketing Officer tiket.com Gaery Undarsa.
Tahun ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan tiket.com Multistakeholder Forum yang telah diadakan sejak tahun 2021. Di tahun ini, Wonosobo juga menjadi salah satu wilayah yang terpilih dan menjadi bagian dari rangkaian kegiatan tiket.com Multistakeholder Forum tahun 2023.
Berkolaborasi dengan Badan Otorita Borobudur serta Dinas Pariwisata dan Budaya Wonosobo, forum ini diikuti oleh 40 pelaku usaha wisata dari berbagai sektor, menyusul ratusan peserta lainnya yang telah lebih dahulu mengikuti kegiatan serupa di dua tahun sebelumnya.
Saat ini terdapat tlebih dari 75 mitra akomodasi baik hotel maupun non-hotel, dan juga lebih dari 1828 properti untuk area Jawa Tengah. Sementara itu, untuk produk wisata dan atraksi terdapat lebih dari 816 mitra To Do yang berada di area Jawa Tengah dan masih akan terus bertambah.
Naik Tinggi
Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Wonosobo, Mohammad Burhanudin menyoroti perkembangan pariwisata di daerahnya yang sangat baik dan cukup pesat.
Dikatakan, angka pertumbuhan sektor pariwisata di Wonosobo mengalami kenaikan yang cukup tinggi paska pandemi global Covid-19, yakni sekitar 52 persen.
“Tentunya, pariwisata di daerah ini pun memiliki potensi untuk bisa berkembang lebih jauh. lagi. Mengingat Wonosobo memiliki banyaknya daya tarik wisata, khususnya wisata alam,” katanya.
Kesempatan kolaborasi seperti ini, lanjut dia, diharapkan dapat mendukung para pelaku usaha wisata untuk menumbuh kembangkan usahanya dan memberikan sumbangsih positif terhadap kemajuan pariwisata di Wonosobo.
Burhanuddin juga menambahkan, untuk mengembangkan pariwisata di Wonosobo, perlu kolaborasi para pihak yang lebih intens. Khususnya dalam hal mendorong pariwisata yang terintegrasi dan berkelanjutan.
Menurutnya, di Wonosobo sudah ada Badan Promosi Pariwisata Daerah “Oemah Wisata” yang di dalamnya terdapat 14 elemen pelaku usaha pariwisata dan berbagai pemangku kepentingan yang ada sangat berpeluang dalam upaya kolaborasi ini.
“Saya kira tiket.com terus berkomitmen untuk dapat membantu para pelaku usaha wisata agar dapat meningkatkan literasi digital mereka dan menciptakan iklim positif di industri pariwisata Indonesia,” katanya.
Sejak tahun 2021, program ini telah berlangsung di 10 kota mulai dari Danau Toba, Labuan Bajo, Yogyakarta, Likupang hingga Belitung agar literasi pemasaran digital dan kesadaran pelaku usaha wisata mengenai literasi pemasaran digital dan tren pariwisata terbaru bisa meningkat di kalangan pelaku usaha wisata setempat.
tiket.com tiket.com adalah pionir online travel agent (OTA) di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2011.
tiket.com merupakan salah satu perusahaan travel online terbesar dan terlengkap di Indonesia yang menawarkanvtiket penerbangan, kereta, akomodasi, tiket acara, sewa mobil, serta kebutuhan perjalanan lainnya.
Misi kami adalah untuk mengakomodasi akses online travel booking terbaik melalui web dan aplikasi mobile. Pada tahun 2017, tiket.com berafiliasi dengan Blibli dan pada tahun 2021 menjadi anak perusahaan terkonsolidasi dari Blibli.
Blibli memiliki unified omni channel ecosystem yang disebut sebagai Blibli Tiket terdiri dari entitas anak, tiket.com dan ranch market, untuk menegaskan sinergi ekosistem yang memberikan kemudahan serta nilai tambah bagi pelanggan, dengan menyediakan layanan lebih lengkap, bermanfaat juga terintegrasi di setiap channel dan platform.
tiket.com memperoleh predikat sebagai OTA dengan pertumbuhan tercepat dari Sabre dan dinilai memiliki tingkat pertumbuhan Net Promotor Score (NPS) tercepat di antara OTA lainnya oleh Survey Jakpat.