Bondan Sejiwan Bomo Aji (depan berpeci), memimpin Baksos penebaran benih ikan Nila sebanyak 5 ribu ekor ke perairan Waduk Pidekso.(Dok.Bondan)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Rajawali Shooting Club Perbakin Surakarta, Minggu (25/6), melakukan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) dengan menebarkan benih ikan Nila sebanyak 5 ribu ekor ke perairan Waduk Pidekso, di Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri.

Acara ini dihadiri oleh jajaran Forkompincam Giriwoyo, Perangkat Desa Desa Pidekso, para Pengurus Karangtaruna Pidekso bersama para tokoh masyarakat setempat.

Juga hadir Ketua Perbakin Surakarta, Bondan Sejiwan Bomo Aji yang tampil memimpin penebaran benih ikan ke perairan Waduk Pidekso. Ini dilakukan bersama Ketua Rajawali Shooting Klub, Sugiharto, Kabid Berburu Perbakin Surakarta, Charles F Blase, Penasehat Perbakin Surakarta, Agus Sri Suhono.

Bondan yang juga menjabat Ketua Umum AMPI Provinsi Jateng yang juga Anggota DPRD Jateng, menyatakan, jumlah benih yang ditebarkan sebanyak 5 ribu, jenisnya ikan Nila. Harapannya, dapat ikut mendukung pengembangan potensi sumber perikanan di Waduk Pidekso.

Yang dampaknya kelak, dapat mendukung perbaikan gizi masyarakat dan menambah daya tarik wisatawan, khususnya pelancong yang memiliki hobi mancing.

Bersamaan dengan Baksos penebaran benih ikan tersebut, rombongan dari Perbakin Surakarta juga memberikan bantuan alat olahraga bola voli dan kelengkapan net-nya kepada Karangtaruna.

Presiden

Tujuannya, dapat untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, utamanya para generasi muda yang bernaung dalam wadah Karang Taruna.

Seperti pernah dikhabarkan, Bendung Pidekso diresmikan Presiden Joko Widodo pada Hari Selasa Tanggal 28 Desember 2021 lalu. Memiliki luas perairan 232 Ha, dengan kapasitas tampungan air sebanyak 25 juta Meter Kubik (M3).

Dibangun sejak Tahun 2017, menelan dana Rp 772 miliar. Harapannya, Waduk Pidekso dapat memberikan fungsi pengurangan sedimentasi pada aliran Sungai Solo Hulu yang bermuara ke Waduk Gajahmungkur Wonogiri.

Juga memberikan manfaat irigasi pada 1.500 Ha lahan pertanian, sebagai bagian upaya mendukung teruwjudnya program ketahanan pangan nasional.

Juga berfungsi sebagai penyedia air baku, untuk pemenuhan air minum masyarakat dengan suplai air berdebit 300 liter per detik.

Bambang Pur