KLASIK - Muhamad Fais Nomor 92 kaos biru di jalur B kategori speed klasik mencatat waktu 17.438. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Atlet Panjat Tebing siswa SMAN 1 Kota Tegal, Kelas X, Muhamad Fais (17) terpaksa kandas di semi final pada Kompetisi Panjat Tebing Taruna Nusantara I (Kompitara) 2023 tingkat pelajar SLTA, sederajat se Jawa-Bali. Sedikitnya 80 peserta mengikuti kompetisi tersebut yang dilaksanakan di SMA Taruna Nusantara Magelang mulai 19-21 Juni 2023.

Pelatih Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Kota Tegal, Dodi Intaroyo yang setia mendampingi Fais menyampaikan, di putaran semi final kategori Lead Putra Rabu (22/6/2023) Fais tersisih dengan atlet lainnya. “Pada semi final Faiz berada di posisi rangking 13 dengan kualifikasi 10,58,” ujar Dodi Rabu (21/6/2023).

Dodi mengakui pesaing Fais dari berbagai daerah bagus-bagus. Setidaknya ajang tersebut untuk melatih mental dan menambah jam terbang buat Fais.

Sekretaris Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Kota Tegal, Muhamad Lazuardi menambahkan, pada kompetisi tersebut sebenarnya mengirimkan empat atlet. Namun, saat pendaftaran tiga atlet pelajar tidak diperkenankan ikut karena sudah dinyatakan lulus sekolah SMA. “Jadi hanya Fais lolos mengikuti kompetisi,” terang Ardi.

Kompetisi dengan empat kategori lomba Lead Pelajar Putra, Lead Pelajar Putri, Speed Klasik Pelajar Putra dan Speed Klasik Pelajar Putri. Sebelumnya pada hari pertama Senin (19/6/2023) kompetisi mempertandingkan kategori speed klasik dengan tinggi dinding 15 Meter.

Penampilan pertama kategori klasik atlet Muhamad Fais dengan Nomor 92 berada di jalur B mencatat waktu 17.438 detik.

Sutrisno