Pj Bupati Edy Supriyanta dan Kapolres AKBP Wahyu Nugroho Setyawan dalam droping ait di Kedungmalang

JEPARA (SUARABARU.ID) – Sejumlah desa di Kabupaten Jepara mulai kesulitan air bersih akibat musim kemarau. Salah satunya di Desa Kedungmalang Kecamatan Kedung. Karena itu dalam rangka peringatan hari Bhayangkara ke-77 Polres Jepara telah melakukan droping air ke Desa Kedung Malang.

Droping air bersih berlangsung di halaman Pendopo Rumah Khusus (Rusus) Nelayan Kedungmalang, Senin (19/6/2023). Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan dan Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta hadir langsung dalam acara tersebut bersama Forkompinda, Kepala Perangkat Daerah, Forkompincam, dan para warga.

Saat berada di rumah khusus nelayan Pj Bupati Jepara dan Kapolres Jepara mendapatkan aduan masyarakat tentang air bersih yang sulit dinikmati. “Kesulitan air bersih sudah dialami selama 5 tahun. Terutama yang berada di Rusus Nelayan dan dihuni 90 kartu keluarga (KK),” ujar perwakilan warga Kedungmalang, Aris menuturkan,
Menurut Aris, instalasi dari Perusahaan Air Minum Tirta Jungporo (PDAM) ada 10 jaringan dan hanya tersisa 1 saja. Sehingga tidak mencukupi untuk seluruh warga. Dia berharap, agar ada solusi dari Pemkab Jepara, minimal didroping air bersih 1 hari sekali.

“Kami sangat kesulitan air bersih. Bahkan harus bergantian mengambil air dari PDAM semalaman. Semua warga berharap, kehadiran Bapak Pj. Bupati membawa angin segar dan warga tidak lagi kesulitan air bersih,”tuturnya.

Tidak hanya itu, persoalan tentang daya listrik juga disampaikan warga lainnya, Bukori. “Selama ini daya listrik yang ada di Rusus 900 Kwh. Warga Rusus merasa keberatan dan terbebani,” papar Bukori. Kami berharap diturunkan menjadi 450 KwH, tambahnya

” Menanggapi keluhan tersebut, Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta akan mengambil langkah menyelesaikannya. Pihaknya akan membuat surat kepada Dirut PDAM, jaringan instalasi yang rusak untuk segera diperbaiki.

Cara lain yang bisa ditempuh menurut Edy Supriyanta dengan membuat penyaringan air payau. Sedangkan masalah listrik, Edy Supriyanta akan meminta kepada PLN UPJ Wilayah Kudus, supaya daya yang 900 Kwh diturunkan menjadi 450 Kwh.
Petinggi Kedungmalang Mustafiyatun mengaku senang dengan kehadiran Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta. Dia dan warga lainnya sangat berharap, agar permasalahan air bersih di desanya bisa teratasi.

Hadepe – Kmf – STY