blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pegiat durian Jepara mengaku senang atas gagasan dari SMA Negeri 1 Tahunan yang mengadakan pembelajaran dan sarasehan luar kelas di bawah pohon durian purba di desa Blingoh Donorojo Jepara, yaitu salah satu pohon durian terbesar di pulau Jawa, Sabtu 20/5/2023. Apalagi kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka peringatan hari kebangkitan nasional dan hari keanekaragaman hayati

Pegiat durian Jepara , Isnul Abdi mengaku sangat senang karena dari kegiatan ini pegiat durian Jepara bisa mengenalkan keberagaman jenis dan karakter durian Jepara.

” Saya sangat senang sekali dengan acara yang diselenggrakan SMAN 1 Tahunan. Karena dengan acara tersebut kita bisa mengajak generasi muda khususnya pemuda-pemuda Jepara untuk ikut melestarikan plasma nutfah Jepara terkhusus durian . Karena durian Jepara mempunyai ciri khas yang banyak diminati orang-orang dari dalam dan luar kota”, ujar Isnul Abdi.

blank

Isnul juga terkesan dengan tanggapan para siswa SMAN 1 Tahunan. ” Para siswa sangat antusias dengan acara ini dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan ke kami”, pungkas Isnul Abdi .

Senada dengan Isnul Abdi, pegiat durian Jepara yang menjadi narasumber yakni Edi Sulton mengapresiasi gagasan Kepala SMAN 1 Tahunan, Ida Fitriningsih, S.Pd, M.Pd. ” Ini sebuah hal yang luar biasa menurut saya, beliau Kepala SMAN Tahunan ibu Ida Fitriningsih punya gagasan agar anak didiknya mengenal keanekaragaman hayati dan agar punya kepedulian akan kelestarian durian di Jepara. Semoga kegiatan bagus ini juga bisa ditiru oleh sekolah-sekolah lain khususnya di Jepara agar lebih mengenal dan peduli plasma nutfah Jepara “, ujar Edi Sulton.

Edi Sulton juga senang dengan semangat siswa SMAN Tahunan dalam mendengarkan dan bertanya tentang khazanah durian Jepara.

Dalam kegiatan yang didampingi guru pendamping: Wiwin Heriyani , H. Mansyur, Asep, Hj. Rita Y dan Pujiyanto para siswa diberikan penjelasan asal usul serta kegiatan para pegiat durian Jepara , para siswa juga melakukan wawancara dengan narasumber dan melakukan tanya jawab.

Hadepe / Sulton