Aktifis Perempuan Bangsa PKB Wonosobo membagikan paket takjil gratis di Jl Angkatan 45. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sejumlah aktifis Perempuan Bangsa PKB Wonosobo, Rabu (12/4/2023) sore tadi, membagikan paket takjil kepada pengguna jalan dan Pedagang Kaki Lima (PKL) di sepanjang Jl Angkatan 45 atau tepat di depan Kantor Wakil Bupati setempat.

Pengguna jalan, baik yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, dihentikan sementara untuk diberi paket takjil. Mereka tampak senang menerima paket makanan gratis tersebut.

Meski dalam suasana rintik hujan, para pengurus Perempuan Bangsa PKB tetap bersemangat dalam membagikan paket takjil. Satu-persatu politisi perempuan yang mengenakan uniform putih-putih itu, dengan cekatan dan ramah membagikan makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Ketua DPC Perempuan Bangsa PKB Wonosobo Siti Ba’daryani mengatakan pembagian paket takjil gratis tersebut diberikan sebagai bentuk kepedulian PKB pada warga yang saat berbuka puasa tiba kebetulan belum berada di rumah, karena masih di perjalanan maupun berjualan.

“Pembagian paket takjil sengaja diberikan menjelang waktu berbuka puasa. Mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB. Sehingga ketika waktu berbuka puasa tiba dan mereka masih di perjalanan atau di tempat berjualan, paket takjil langsung bisa dinikmati,” ujarnya.

Hari Kartini

Aktifis Perempuan Bangsa PKB Wonosobo foto bersama sebelum membagi paket takjil gratis di Jl Angkatan 45. Foto : SB/Muharno Zarka

Sekretaris DPC Perempuan Bangsa PKB Wonosobo Ari Sakdiyah menambahkan pembagian sejumlah 350 paket takjil, selain dalam rangka “Perempuan Bangsa Peduli Ramadan”, sekaligus sebagai upaya memperingati Hari Kartini yang jatuh pada Jumat 21 April 2023 mendatang.

“Tahun ini kebetulan Hari Kartini jatuh sehari menjelang perayaan Idul Fitri 1444 H. Sehingga rangkaian kegiatan Hari Kartini dibarengkan dengan agenda bulan ramadan. Semoga kegiatan membagi paket takjil bermanfaat bagi para penerima,” ujar perempuan yang juga aktif di PC Fatayat NU Wonosobo itu.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H, pihaknya menghimbau pada warga, khususnya anggota Perempuan Bangsa PKB, untuk saling peduli sesama. Sebab, masih banyak kaum dhuafa yang butuh uluran tangan dari para dermawan. Bantuan yang diberikan pasti sangat bermanfaat bagi mereka.

“Paket takjil yang dibagikan kalau dinilai secara fisik tidak seberapa. Tapi yang lebih essensial adalah spirit kepedulian yang diberikan. Kegiatan tersebut pun dilakukan secara serentak oleh aktivis Perempuan Bangsa PKB se-Indonesia,” katanya.

Sejak awal DPP Perempuan Bangsa PKB, lanjutnya, telah mengintruksikan agar sayap politik perempuan PKB fi daerah untuk menggaungkan semangat kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan di bulan ramadan dan momentum peringatan Hari Kartini 2023.

Muharno Zarka