Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta berdoa didepan makam eyangnya, R. Ali Soeparto.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dalam rangkaian ziarah ke makam tokoh Jepara dalam rangka Hari Jadi Jepara, Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanto usai ziarah di makam Adipati Citrosomo II juga menyempatkan diri untuk ziarah ke eyangnya, R. Ali Soeparto, seorang kasir BRI yang juga dimakamkan dikomplek makam Citrosomo II yang terletak di Kelurahan Bapangan, Sabtu (8/4-2023)

Citrosomo II adalah salah satu anak dari 47 anak Citrosomo I yang berasal dari garwo padmi. Sebelumnya ia bernama Ki Ngabehi Sumowijoyo, kemudian menggantikan ayahnya dengan gelar Citrosomo II dan berkuasa sebagai penguasa brang kilen Jepara mulai tahun 1733 – 1740.

Ia menggantikan ayahnya karena sakit hingga saat sowanan Gerebeg Maulud ia tidak bisa datang dan memerintahkan putranya Ki Ngabehi Sumowijoyo untuk menghadiri acara pisowanan. Ia kemudian dilantik oleh Paku Bowono menjadi Bupati Jepara.

R. Ali Soeparto bersama dengan saudara-saudaranya (Foto : Dok Keluarga)

Citrosomo II ini memiliki 16 anak, semuanya laki-laki. Setelah Citrosomo II wafat ia kemudian digantikan oleh adiknya yang bernama Ki Ngabehi Kromowijoyo dengan gelar Kanjeng Hadipati Citrosomo III. Sebelumnya ia adalah penguasa brang wetan.

Dari silsilah keluarga Citrosomo, setelah Citrosomo III wafat ia digantikan salah satu putranya yaitu Raden Sumodiwiryo sebagai Bupati Jepara dengan gelar Kanjeng Hadipati Citrosomo IV.

Setelah Kanjeng Hadipati Citrosomo IV wafat, ia digantikan oleh adiknya yang bernama Raden Mangkuwijoyo yang pernah menjabat Bupati Kudus dengan gelar Kanjeng Hadipati Ronggo Joyo Sentiko. Sedangkan saat menjadi Bupati Jepara ia dikenal sebagai R.M.A.A. Citrosomo V.

Setelah R.M.A.A. Citrosomo V meninggal dunia, ia digantikan oleh R.M. Ng. Notowijoyo I dengan gelar Kanjeng Pangeran Citrosomo VI dan menjadi bupati Jepara tahun 1810 – 1850. Saat terjadi perang Diponegoro, ia di perbantukan ke Tuban menjadi Bupati Tuban dengan gelar Pangeran Haryo Citronegoro.

Ia memiliki 4 orang anak yaitu R.M.Ng. Supeno yang kemudian menggantikan ayahnya menjadi Bupati Tuban setelah ayahnya kembali ke Jepara. Berikutnya adalah R.M.Ng Sudargo yang menggantikan ayahnya sebagai Bupati Jepara dengan gelar R.M.A.A. Citrosomo VII. Sementara Raden Ayu Supeni menjadi istri padmi Bupati Jepara R.M.A.A. Citrowikromo dan Raden Ayu Sebrok menikah dengan RM. Ng. Secodiwiryo, yang menjabat Wedono Jepara.

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanto saat berdoa di makam eyangnya, R. Ali Soeparto.

R.A. Sebrok istri Setjodiwiryo Wedono Jeporo

Berdasarkan identifikasi silsilah keluarga Citrosoman, khususnya silisilah keluarga Citrosomo VI, beliau memiliki 4 orang anak yaitu R.M.Ng. Supeno yang kemudian menggantikan ayahnya menjadi Bupati Tuban setelah ayahnya kembali ke Jepara. Berikutnya adalah R.M.Ng Sudargo yang menggantikan ayahnya sebagai Bupati Jepara dengan gelar R.M.A.A. Citrosomo VII. Sementara Raden Ayu Supeni menjadi istri padmi Bupati Jepara R.M.A.A. Citrowikromo yang merupakan adik ipar R.M.A.A. Citrosomo VII.

Sedangkan anak bungsunya bernama Raden Ayu Sebrok menikah dengan RM. Ng. Secodiwiryo, yang menjabat Wedono Jepara yang diduga kuat adalah memiliki nama panggilan lain yaitu Wedono Tambak.

Dari pernikahan Raden Ayu Sebrok menikah dengan RM. Ng. Secodiwiryo, mereka miliki 5 orang anak yaitu Asisten Wedono Panggang, anak kedua belum diketahui identitasnya, Asisten Wedono Keling, Mantri Gudang Kopi Bangsri Kertorejo, Asisten Wedono Baron. Asisten Wedono Panggang memiliki dua orang anak yaitu R. Astro Wisastro (Kedung) dan R. Noto (Solo).
Sedang anak kedua memiliki anak bernama R.Zen Muhammad Mantri Polisi.

Sementara Asisten Wedono Keling memiliki 3 orang anak yaitu R.Notodihardjo (Wedono Banjaran}, R.Wongsoredjo dan R. Wertokusumo (Hoofd Bank AVB). Sedangkan Wedono Baron memiliki anak R. Abdul Kadir.

Anak yang lain adalah Kertorejo yang dikenal sebagai Mantri Gudang Kopi Bangsri dan memiliki anak R. Wasitoharjo (Wedono Kuwu), Aliman ( (Ny.Wertokoesoemo), R. Soetarjo Hadiwijoyo dan R. Ali Soeparto (Kasir BRI). R. Ali Soeparto dimakamkan di Makam Citrosomo II Kelurahan Bapangan.

Sementara R.Ali Soeparto ini memiliki 4 orang anak yaitu R. Sri Mertojo, R. Harsanadi, R. Pramono Hadi serta terakhir R. Priyohadi. R. Priyohadi adalah ayah dari Edy Supriyanta , Pj Bupati Jepara yang dalam rapor di SD Cendrawasih Wilayah IX Jakarta Selatan tertulis nama lengkapnya adalah R. Eddi Supriyanta dengan nomor Induk 1175, kelahiran Jepara 4 Mei 1965.

Hadepe