Apel sebelum kegiatan penanaman pohon pelindung dan pohon buah di Gunung Tidar dilaksanakan. (Dok)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Organisasi relawan di Kota Magelang yang tergabung dalam Garda Relawan Indonesia bersama KNPI setempat, Jumat (24/2) melaksanakan kegiatan penanaman pohon pelindung dan pohon buah untuk makanan kera di Gunung Tidar.

Mengusung tema ‘Persembahan Cinta untuk Gunung Tidar’, organisasi relawan yang terdiri atas.
Tagana, Baguna, SAR Kota, Mapala dan sebagainya menanam sekitar 150 bibit pohon pelindung dan pohon buah terdiri pohon asam Jawa, sirsat dan pohon jambu.

Sebelum kegiatan berlangsung dilaksanakan apel pagi di halaman Kebun Raya Gunung Tidar dengan pembina Kepala Pelaksana BPBD Kota Magelang, Machbub Yani Arfian. Kegiatan itu juga dihadiri Ketua KNPI setempat yang juga Ketua Komisi C DPRD Kota Magelang, Evin Septa Haryanto Kamil.

Machbub mengapresiasi kegiatan ini. Dia berharap kegiatan serupa juga dilaksanakan di daerah yang rawan longsor.

Kegiatan penanaman pohon di Gunung Tidar (Dok)

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini akan mempererat rasa solidaritas relawan di Kota Magelang dalam penanganan bencana.

‘’Perlu sinergi dan kerjasama relawan dalam pencegahan bencana, dengan memberi edukasi kepada masyarakat. Saya juga terima kasih kepada relawan yang selama ini dengan sukarela turut menangani bencana di Kota Magelang,’’ tuturnya.

Ketua Pelaksana Kegiatan Heri Prawoto menerangkan, tujuan kegiatan ini untuk menjaga ekosistem dengan menanam tanaman yang mampu menyimpan air tanah, serta tanaman buah yang kelak dapat sebagai sumber pangan kera ekor panjang di Gunung Tidar.

Diharapkan ke depan buah-buahan di ‘Pakune Tanah Jawa’ cukup untuk makanan keras, sehingga tidak turun mengganggu warga.

Doddy Ardjono