Al Habib Ali Zainal Abidin Segaf Assegaf memimpin shalawatan yang diikuti ribuan santri dalam USM Bershalawat di Gelora USM Jl Soekarno-Hatta, Tlogosari pada 9 Januari 2023. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ribuan santri melantunkan shalawat dalam USM Bershalawat yang digelar di Gelora USM Jl Soekarno-Hatta, Tlogosari, 9 Januari 2023 malam.

Lantunan puji-pujian pada Nabi Muhammad Saw tersebut dipimpin Al Habib Ali Zainal Abidin Segaf Assegaf dari Pekalongan.

Kegiatan yang mengambil tema ”Dengan Hati, USM Bershalawat untuk Keselamatan Negeri” itu dihadiri ribuan santri. Mereka hanyut dalam lantunan shalawat pada Rasulullah Saw.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip, Prof. Sudharto P Hadi, MES, Phd, anggota Pembina Yayasan Alumni Undip, Ir. Soeharsojo IPU, dan Ketua Pengurus Yayasan Undip, Prof, Dr. Ir. Hj. Kesi Widjajanti, S.E., M.M, Rektor USM, Dr. Supari, S.T., M.T., Wakil Rektor I, Prof. Dr. Ir. Sri Budi Wahjuningsih, MP, Wakil Rektor II, Dr. Titin Winarti, S.Kom., M.M., Wakil Rektor III, Dr. Muhammad Junaidi, S.Hi., M.H., dan jajaran dosen.

Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip, Prof. Sudharto P Hadi, MES, PhD. Menurutnya, kegiatan USM bershalawat dapat memberikan manfaat secara eksternal dan internal.

”Mudah-mudahan dengan bershalawat bermanfaat untuk bangsa kita. Dijauhkan dari segala macam bencana yang akhir-akhir ini kita alami. Manfaat internal yang diharapkan adalah dapat memberikan keselamatan dan kejayaan USM dan pada 2024 dapat menjadi universitas yang unggul,” ungkapnya.

Menurutnya, kampus bukan hanya tempat untuk mendidik para mahasiswa menjadi cerdas, tetapi juga bermoral, tawakal, dan peduli pada lingkungan.

Fasilitas-fasilitas yang ada di kampus dapat mempresentasikan hal tersebut di antaranya Masjid Baitur Rasyid yang dapat menjadi tempat olah jiwa dan olah rohani. Adapun gedung kuliah, laboratorium, perpustakaan, dan gelora adalah tempat untuk olah pikir.

Hal senada diungkapkan Rektor USM, Dr. Supari, S.T., M.T. Dia berharap, kegiatan bershalawat dapat memperlancar urusan.
”In syaa Allah dengan lantunan shalawat, urusan kita dan urusan negeri kita akan dipermudah oleh Allah Swt,” ujarnya.

Sementara itu, santri yang menghadiri USM bershalawat membeludak hingga memenuhi Gelora Prof. Soedarto USM. Hinga malam, para santri berdatangan memadati halaman gelora USM.

Panitia didukung aparat keamanan dari kepolisian, Dishub dan Banser untuk menertibkan kegiatan. Selain itu juga mengerahkan KSR (Korps Sukarela satuan PMI) dan tim kesehatan yang siaga di lokasi.

Muhaimin