Gerakan massal penanaman ribuan bibit pohon penghijauan, diawali dengan penyerahan bantuan bibit di lahan Girikikis, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Ribuan bibit pohon penghijauan, ditanam di Kelurahan Girikikis, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri. Ini dilakukan dalam upaya konservasi alam untuk mendukung pelestarian sumber air Pancoran, Jambewangi.

Danramil-08/Giriwoyo Kapten (Inf) Sriyono melalui Penerangan Kodim 0728 Wonogiri Pelda Indra, menyatakan, penanaman bibit pohon penghijauan ini dilakukan Kamis (29/12). Melalui gerakan massal bersama, di tanah kas milik Kelurahan Girikikis.

Lokasinya berada di sekitar telaga Sumber Pancoran. Hadir dalam gerakan tanam massal penghijauan ini, Camat Giriwoyo, Fuad Wahyu Pratama, Kapolsek Iptu Sumarwan, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah XI Propinsi Jateng, Andrian, beserta jajaran.

Juga hadir Kepala Kelurahan (Lurah) Girikikis Eny Hartanti, para Kelompok Tani, anggota Satuan Linmas, perangkat kelurahan dan warga masyarakat.

Bibit pohon penghijauan yang ditanam sebanyak 35 ribu batang. Berasal dari bantuan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Solo. Terdiri atas bibit Pohon Sengon sebanyak 12.500 batang, Gambelina sebanyak 12.500 batang, Petai 5.000 batang dan Alpukat sebanyak 5.000 batang.

Serma Ferdian bersama rekan-rekan Babinsa se Koramil-08/Giriwoyo hadir memberikan dukungan pada gerakan massal penanaman penghijauan tersebut. Gerakan tanam massal penghijauan ini, bertujuan untuk upaya konservasi alam dalam menciptakan pelestarian lingkungan dan perlindungan terhaadap Sumber Daya Air (SDA).

Harapannya, kelak akan terwujud lingkungan sejuk, segar, asri dan lestari. Juga untuk pencegahan bencana banjir dan tanah longsor, serta memperkaya potensi sumber air.

Bambang Pur