blank
Tamu undangan berfoto bersama keluarga besar SLB Putra Manunggal Gombong, Kamis 16/12.(Foto:SB/Humas SLB Putra Maunggal)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sekolah Luar Biasa (SLB) Pura Manunggal Gombong, Kebumen, Kamis (15/12) menggelar Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2022.

Acara dimulai sekitar pukul 08.00, dihadiri para siswa-siswi , orang tua, ibu-ibu Bhayangkara dan ibu-ibu Tim Penggerak PKK Kabupaten Kebumen yang diketuai Ny Iin Windarti Arif Sugiyanto .

Perayaan berlangsung meriah dan semarak dengan diisi pameran beberapa produk kreasi anak-anak Putra Manunggal Gombong. Terutama Batik Ciprat sebagai salah satu batik mahakarya siswa SLB.

Praacara diisi penampilan bernyanyi dari beberapa siswa SLB Putra Manunggal Gombong, diiringi Netra Band. Diawali pembacaan surat-surat pendek Kitab Suci Al Quran oleh perwakilan disabilitas.

Ketua Panitia Moories Danang mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan. Sedangkan Kepala SLB Putra Manunggal Gombong Surip SPd menjelaskan, SLB Putra Manunggal Gombong terdiri dari 182 siswa dengan presentasi 80% siswa tuna grahita.

Berdasarkan data Dinas Sosial Kebumen ada 12.000 difabel diharapkan dengan adanya Kebumen Inklusif dapat mewadahi difabel untuk dapat memperoleh pendidikan layak dan merata.

Menurut Surip, SLB Putra Manunggal mencoba membekali siswa-siswi agar mempunyai keterampilan sehingga bisa mendapatkan pekerjaan terbaik ketika sudah menjadi alumni. Para alumni ada yang bekerja di toko, tempat pencucian kendaraan, pelayanan hotel, dan PT Sampoerna.

Hanya Bisa Menampung 20 Orang

Ketua Yayasan Pendidikan SLB Putra Manunggal Gombong Sri Murwani SSos menyampaikan terima kasih dan apresiasi untuk seluruh tamu undangan yang sudah berkenan hadir.

Menurut Sri Murwani , Panti saat ini hanya mampu menampung sekitar 20 orang . Pihaknya memohon doa dukungan agar disabilitas bisa mendapatkan perhatian maksimal , terutama dalam bidang pemberdayaan guna meningkatkan keterampilan.

Siti Nuriyatun Fauziah SAg MSi dari Pemkab Kebumen menyampaikan permohonan maaf karena Ibu Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih SST MM berhalangan hadir karena ada kepentingan. Siti menilai Hari Disabilitas Internasional sebagai sarana pengakuan terhadap eksistensi disabilitas.

Menurut Siti, Kabupaten Kebumen sangat berkomitmen untuk memenuhi dan memberikan perlindungan terhadap hak-hak disabilitas. Dibalik senyum disabilitas ada peran dan kasih sayang orang tua serta guru sebagai tenaga pendidik yang sabar

Sedangkan Ketua TP PKK Kebumen Ny Iin Windarti Arif Sugiyanto berpesan kepada para siswa SLB Putra Manunggal dan para guru tetap bersemangat untuk anak-anak dan orang tua, terus berkreativitas, terus berjuang maju bersama untuk Kebumen.

Acara diisi penampilan tari tradisional kuda lumping, penyerahan bantuan secara simbolis berupa alat sekolah, penyerahan Kejuaraan sebagai Juara Taekwondo, Juara Komik,Juara Make up kecantikan, Juara Menjahit. Selain itu ada fashion show serta ada penampilan angklung dari tim tuna rungu.

Di sela acara tersebut juga dilakukan pembagian sembako dan bantuan kepada beberapa anak. DKT Gombong dan Mitra Sehati Gombong juga turut berkontribusi memberikan snack untuk anak-anak.

Komper Wardopo