Tampak Petinggi Desa Tegalsambi, Agus Santoso bersama Gubernur JawaTengah.

JEPARA (SUARABARU.ID)– Desa Tegalsambi bersama dua desa lainnya di wilayah Kabupaten Jepara, Tulakan dan Kelurahan Ujungbatu mendapatkan kehormatan untuk menghadiri Festival Adat Nusantara ke-II.

Peserta dari Jepara yang terdiri dr 1 Kelurahan dan 2 Desa.

Festival yang digelar di kawasan Candi Borobudur, Sabtu (10/12/2022) ini sebagai upaya memperkuat silaturahmi kerajaan dan lembaga adat sekaligus menggali potensi ekonomi serta menunjukkan kepedulian pada ketahanan adat dan budaya nusantara.

Berpusat di lapangan Kujon Borobudur, festival adat Nusantara ini menyuguhkan karnaval budaya seperti wanita berkebaya, laki-laki berblangkon, pementasan tarian, lomba kesenian tradisional, pagelaran wayang, bazar UMKM dan kuliner.

Acara yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan para raja serta kepala suku yang ada di indonesia dengan memakai pakaian adat daerahnya masing-masing, berangkat dari lapangan Drh. Soepardi Sawitan dan finish di Lapangan Kujon.

Penanggungjawab acara, Marsya Maghfirati mengatakan, “Dulu kita kan negaranya banyak kerajaan dan tentunya beragam budaya. Saat ini tugas kita adalah melestarikannya, melalui Festival Adat Budaya Nusantara II”, kata Marsya.

“Festival Adat Nusantara II ini diselenggarakan untuk mengingat dan mengenalkan kembali adat dan budaya yang ada di Indonesia. Provinsi Jawa Tengah menjadi tuan rumah yang kedua setelah sebelumnya di Bali””, lanjut Marsya.

Lebih lanjut marsya juga menjelaskan untuk bazar UMKM diikuti hanya wilayah Jawa Tengah. Namun untuk menu kuliner tidak hanya menyuguhkan menu daerah saja, tetapi juga menu internasional.

“Saya berharap dengan terlaksananya festival ini, khususnya anak-anak, lebih mengenal adat budaya yang ada di daerahnya. Apalagi  di zaman modern seperti ini”, pungkasnya.

ua/fitra