Suasana penumpang penerbangan di kedatangan domestik Bandara Adi Soemarmo Solo (Dok/ Humas Bandara Adi Soemarmo)
SURAKARTA (SUARABARU.ID) PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo melakukan antisipasi pergerakan tamu VIP dan VVIP yang bakal menghadiri  perhelatan ngundhuh mantu pernikahan Kaesang Pangarep putra bungsu Presiden Joko Widodo dengan Erina Gudono.
Sejumlah penyesuaian dilakukan management mulai dari penyesuaian parking stand hingga penambahan personil Aviation Security.

“Kami akan melakukan penyesuaian agar parking stand Bandara Adi Soemarmo dapat menampung hingga 34 Pesawat, namun kami pastikan penyesuaian tersebut tidak akan mengganggu jadwal penerbangan reguler,” jelas Yani Ajat Hermawan, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo dalam rilis yang diterima Suarabaru.id di Solo, Jumat (9/12).

Untuk menjamin keamanan tamu VIP dan VVIP, lanjut Yani Ayat Hermawan , pihak bandara akan menerapkan prosedur standar keamanan berupa pemeriksaan bagasi, pemeriksaan penumpang, pemeriksaan kendaraan menggunakan Mirror Under Vehicle  bagi tamu VIP dan VVIP yang melewati Akses Terminal Kargo.

Sedangkan bagi tamu VIP dan VVIP yang melewati Terminal Domestik, akan dilakukan pemeriksaan bagasi melalui X-RAY Passenger Security Checkpoint (PSCP), Pemeriksaan Penumpang menggunakan Walk Through Metal Detector (WTMD) dan Hand Held Metal Detector (HHMD).

Selain menambah personil Aviation Security, pihak bandara juga intens berkoordinasi dengan stakeholder terkait seperti TNI AU Lanud Adi Soemarmo, Polres Boyolali, Koramil Ngemplak, BIN dan BAIS.

Personel-personiel tersebut rencananya akan turut melakukan penjagaan pengamanan di Bandara Adi Soemarmo selama acara berlangsung.

Juga telah dilakukan koordinasi  dengan Angkasa Pura Suport untuk mendatangkan X-Ray dan Walk Through Metal Detector (WTMD) dari Yogyakarta International Airport (YIA) dan siap dioperasikan ada H-4 acara Ngundhuh Mantu.

“ Secara keseluruhan, Bandara Adi Soemarmo siap untuk mendukung kelancaran Pernikahan Putra Presiden RI, ” kata Yani Ajat Hermawan.

Dikatakan menambahkan sejak 7 hingga 13 Desember 2022 tercatat  terdapat  45 request parking stand untuk pesawat Charter, dua request parking stand untuk pesawat kepresidenan dan lima request dari airline untuk mengganti tipe pesawat menjadi tipe pesawat yang lebih besar. Bagus Adji