Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH (tengah) foto bersama jajaran pejabat struktural USM saat Musker Orma pada pada 9-11 Desember 2022 di Bina Darma, Salatiga. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– USM beberapa kali meraih penghargaan yaitu tahun 2018 sebanyak 179 penghaargaan, tahun 2019 meraih 162 penghargaan, tahun 2020 mendapat 149 penghargaan, 2021 sebanyak 96 penghargaan, dan di tahun 2022 meningkat drastis menjadi 450 penghargaan.

Hal itu diungkapkan Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH saat membuka Musyawarah Kerja Organisasi Kemahasiswaan (musker orma) pada 9-11 Desember 2022 di Bina Darma, Salatiga.

Kegiatan yang diselenggarakan Kemahasiswaan Universitas Semarang (USM) itu diikuti 116 peserta terdiri atas pengurus Orma, komunitas, dan peninjau.

Menurut Junaidi, meningkatnya penghargaan ini adalah bukti dari kerja bersama.

”Penghargaan yang banyak diraih dapat dimanfaatkan semua fakultas di USM sehingga di tahun 2025 USM akan menjadi universitas yang unggul,” ujarnnya.

Dia berharap, melalui musker tersebut akan ”lahir” tiga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baru, yaitu UKM Panahan, UKM Pajak, dan UKM Jurnalistik.

Musker juga menjadikan mahasiswa USM lebih kritis, displin, dan memiliki pola pikir ke depan yang lebih baik.

”Kegiatan ini sebagai wadah para mahasiswa menentukan langkah kebijakan organisasi kemahasiswaan di lingkungan USM,” ujarnya.

Disamping itu, katanya, musker juga sebagai sarana merumuskan langkah kerja bersama organisasi mahasiswa agar indikator semakin jelas, sehingga dapat mencapai tujuan yang ditetapkan.

”Dalam musker ini juga akan disahkan presiden mahasiswa dan ketua dewan mahasiswa terpilih,” ungkapnya.

Muhaimin