Dua tim Mahasiswa dari FSRD DKV ISI Surakarta berhasil meraih prestasi tingkat nasional. Mereka tergabung dalam Tim Marmalade dan Tim Clover.(Dok. ISI Surakarta)

SOLO (SUARABARU.ID) – Dua tim mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakusltas Seni Rupa Desain (FSRD) Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, berhasil meraih prestasi tingkat nasional. Yakni prestasi dalam Divisi V Animasi di Gemastik (Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi) Ke-XV Tahun 2022.

Dosen Fakultas FSRD DKV ISI Surakarta, Basnendar Herry Prilosadoso, semalam, menyatakan, Gemastik merupakan program Pusat Prestasi Nasional (PPN), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Prestasi tingkat nasional itu, diraih oleh dua tim mahasiswa DKV ISI Suarkarta yang tergabung dalam Tim Marmalade dan Tim Clover.
Untuk babak finalnya dilakukan secara daring dan luring. Tampil sebagai tuan rumah event ini, adalah Universitas Brawijaya, Malang.

Ajang kompetisi bidang teknologi informasi dan komunikasi ini, digelar oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI). Diikuti sebanyak 224 tim dari Perguruan Tinggi (PT) dari seluruh Tanah Air. Menghasilkan pemenang dari 11 divisi yang dilombakan.

Program kompetisi Gemastik bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia, agar mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya. Baik ketika masih studi, maupun kelak sesudah lulus.

Tahun ini tema Gemastik adalah ”TIK untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.” Tim Marmalade ISI Surakarta, beranggotakan Raden Raihan PAP, Nawawel Sakti Aroisi dan Cahyaning Brian Paramarta (dari Angkatan 201), dengan Dosen Pembimbing Rendya Adi Kurniawan SSn, MSn, berhasil meraih medali emas.

”Selain itu, karya poster Tim Marmalade juga meraih Juara Tiga untuk mata lomba desain poster,” jelas Basnendar Herry Prilosadoso.

Seni Tradisi

Karya Tim Marmalade mengangkat seni tradisi, berupa ketoprak yang makin ditinggalkan anak muda. Dengan memanfaatkan teknologi metaverse, kesenian tradisional tersebut menjadi lebih bisa diterima generasi muda, dan sekaligus bisa menjelajah sampai ke luar negeri.

Sementara itu, Tim Clover meraih prestasi sebagai Juara Harapan. Tim ini beranggotakan Candra Feriana, Nada Rajmi Zahirah, dan Stela Pasha Samya Purba. Yang semuanya dari Mahasiswa Angkatan 2020 dengan animasi berjudul Aneka Rasa. Tampil menjadi Dosen Pembimbingnya adalah Rendya Adi Kurniawan SSn, MSn.

Tampilan karya animasi Tim Clover tanpa menggunakan dialog. Tentang kisah ayah dan ibu yang terkena dampak pandemi, sehingga dagangan kue yang dijajakan di pasar sepi. Namun ketika memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, pemasaran kuenya menjadi meningkat pesat.

Raden Raihan, menyatakan, dengan prestasi ini dapat memacu mahasiswa lainnya, khususnya dari DKV FSRD ISI Surakarta, untuk lebih bersemangat dalam berkarya dan berkompetisi.

Dosen Pembimbing Rendya Adi Kurniawan, menyebutkan, prestasi dari karya animasi ini mampu membanggakan civitas akademik ISI Surakarta, dimana tim Marmalade dan tim Clover dari Prodi DKV FSRD ISI Surakarta.

Kaprodi DKV FSRD ISI Surakarta, Asmoro Nurhadi Panindias SSn, MSn, menyatakan, prestasi ini memberikan arti untuk menjaga tradisi Tim dari Prodi DKV FSRD ISI Surakarta yang selalu lolos dan meraih juara. Kali ini, meraih medali emas sebagai juara I, juga meraih juara harapan dan juara ketiga untuk mata lomba desain poster.

Bambang Pur