Plt Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, didampingi Kepala Daop 4 KAI Semarang, Wisnu Pramudyo, dan Forkopimda bertemu dengan tim fasilitas kebersihan KAI yang dipersiapkan menghadapi momen Natal dan Tahun Baru 2023, Selasa (20/12/2022)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jelang musim libur dan perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah persiapan layanan serta personel yang bertugas selama momen tersebut.

Kepala Daerah Operasi (Daop) 4 KAI Semarang, Wisnu Pramudyo, mengatakan, masa Nataru dimulai sejak 22 Desember 2022 hingga berakhir nanti di tanggal 8 Januari 2023.

“Persiapan Nataru KAI kami siapkan perhari 20 ribu tempat duduk dengan prediksi pengguna angkutan ini sampai 300 ribu lebih yang naik dari Kota Semarang,” katanya, Selasa (20/12/2022).

Saat menerima tinjauan rombongan Forkopimda Kota Semarang, Wisnu menjelaskan kalau prediksi kenaikan penumpang tersebut jika dibandingkan tahun lalu terbilang jelas jauh sekali.

Namun, kalau dibandingkan dengan tahun 2019 sebelum masa Covid-19, prediksi 300 ribu penumpang tersebut masih berada di angka 60 – 70 persen penumpang yang naik dari Kota Semarang.

“Jadi nanti itu pasti ramai di stasiun, makanya untuk perjalanan kereta api ini juga akan kita tambah. Termasuk menambah personel keamanan, besok (Kamis) kita akan launching posko terpadu,” katanya.

Dengan prediksi meningkatnya warga masyarakat menggunakan moda transportasi kereta api selama Nataru, KAI juga merespon hal tersebut dengan menambah personel pengamanan, baik di stasiun maupun di atas kereta.

“Untuk pengamanan kita minta bantuan TNI dan polri, di Stasiun Tawang dan Poncol juga ada unit K-9 beserta crew rombongan untuk mengantisipasi gangguan yang tidak kita inginkan, termasuk di lokasi yang rawan lainnya kita siapkan petugas,” katanya.

Disinggung soal lonjakan penumpang mendekati momen Nataru tahun ini, Wisnu mengaku hingga hari ini (Selasa, 20/12) masih belum terjadi kenaikan penumpang yang signifikan.

Pemesanan untuk tiket keberangkatan kereta api baik dari Stasiun Tawang maupun Poncol masih sekitar 20 persen dari 300 ribu kursi yang disiapkan pihak KAI.

“Prediksinya untuk lonjakan penumpang kereta api itu diperkirakan naik pada tanggal 25 Desember 2022 sampai tanggal 1 Januari 2023,” katanya.

Sementara itu, Plt Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, disela-sela tinjauan rombongan Forkopimda ke Stasiun Tawang dalam rangka persiapan Nataru mengatakan kalau jelang Nataru tahun ini Kota Semarang sudah siap dalam segala hal.

“Dari perdagangan, BBM, hingga transportasi masyarakat yang mau mudik atau liburan, Kota Semarang sudah siap. Seperti di KAI ini, belum ada kenaikan atau penumpukan penumpang, mungkin nanti mendekati tanggal 23 – 24 Desember,” katanya.

Kepala daerah yang biasa disapa Mbak Ita ini mengatakan, dalam menghadapi Nataru ini juga sudah disiapkan sejumlah pos – pos pelayanan terpadu mulai dari stasiun, bandara, hingga pelabuhan hingga tempat wisata dan tempat – tempat lainnya.

Hery Priyono