Sergio Ramos. (foto: espn.com)

SUARABARU.ID – Bek Paris Saint-Germain Sergio Ramos telah absen di Piala Dunia setelah ditinggalkan oleh pelatih Spanyol Luis Enrique, sementara pemain depan Barcelona Ansu Fati telah dimasukkan dalam skuad 26 pemain untuk Qatar.

Ramos, pemegang rekor penampilan terbanyak di Spanyol, membuat penampilan terakhirnya untuk La Roja pada Maret 2021 tetapi kembali bermain setelah tampil luar biasa untuk PSG musim ini, bermain 12 kali di Ligue 1 dan menjadi starter di enam pertandingan Liga Champions mereka.

Fati, 20, tidak bermain untuk negaranya sejak Oktober 2020, ketika ia mengalami cedera lutut serius yang membuatnya absen selama 10 bulan, diikuti oleh masalah hamstring dan otot paha yang membuatnya tidak bisa mencapai kebugaran penuh. “Saya tidak akan menilai pemain yang tidak ada dalam daftar,” kata Luis Enrique dalam konferensi pers pada hari Jumat, ketika ditanya tentang Ramos.

“Saya mengakui dan berterima kasih kepada semua pemain yang telah berkontribusi selama saya di sini dan bermain dengan tim nasional, tetapi dari sana, yang penting sekarang adalah 26 yang ada di sini.” Tentang Fati, Luis Enrique menambahkan: “Ansu sedang dalam proses untuk kembali menjadi pemain seperti sebelum cedera.

“Dia sekarang benar-benar pulih, dia memainkan banyak pertandingan untuk klubnya. Kita bisa mendiskusikan kapan dia akan kembali ke level sebelumnya, kita semua menginginkan itu.”

Selain Ramos, tidak ada tempat bagi penyerang Real Betis Borja Iglesias atau penyerang Villarreal Gerard Moreno dalam skuat Spanyol. Luis Enrique juga mengkonfirmasi bahwa Gerard Pique telah tampil dalam daftar 55 pemain sementaranya sebelum bek tengah Barcelona mengumumkan pengunduran dirinya.

“Pique masuk dalam daftar sementara karena ketika saya membuat daftar sementara, dia adalah pemain aktif,” kata Luis Enrique. “Dia adalah mesin yang kompetitif, atau memang begitu. Ketika saya menyebutkan daftar 55 saya berpikir jernih [tentang dia], bukan sebagai opsi pertama karena lini tersebut merupakan salah satu kontinuitas.”

Ramos, 36 tahun, telah bermain 180 kali untuk negaranya sejak melakukan debutnya pada Maret 2005, dengan mencetak 23 gol. Dia adalah bagian penting dari tim Spanyol yang memenangkan Kejuaraan Eropa pada 2008 dan 2012 dan Piala Dunia pada 2010.

Bek tengah itu dikeluarkan dari skuad Spanyol Euro 2020 setelah musim 2020-21 yang dilanda cedera dan meninggalkan Real Madrid ke PSG dengan status bebas transfer akhir musim panas itu.

Skuad Spanyol selengkapnya:
Kiper: Unai Simon (Klub Atletik), Robert Sanchez (Brighton & Hove Albion), David Raya (Brentford).

Bek: Cesar Azpilicueta (Chelsea), Dani Carvajal (Real Madrid), Eric Garcia (Barcelona), Hugo Guillamon (Valencia), Pau Torres (Villarreal), Aymeric Laporte (Manchester City), Jordi Alba (Barcelona), Jose Gaya (Valencia ).

Gelandang: Sergio Busquets (Barcelona), Rodri (Manchester City), Gavi (FC Barcelona), Carlos Soler (PSG), Marcos Llorente (Atletico Madrid), Pedri (Barcelona), Koke Resurreccion (Atletico Madrid).

Penyerang: Ferran Torres (Barcelona), Nico Williams (Klub Atletik), Yeremi Pino (Villarreal), Alvaro Morata (Atletico Madrid), Marco Asensio (Real Madrid), Pablo Sarabia (PSG), Dani Olmo (RB Leipzig), Ansu Fati (Barcelona).

Nur Muktiadi