blank
Sadio Mane. (foto: espn.com)

SUARABARU.ID – Sadio Mane telah disebutkan dalam skuad Senegal untuk Piala Dunia di Qatar meskipun kekhawatiran cedera setelah ia terluka bermain untuk Bayern Munich pada akhir pekan.

Pemain depan berusia 30 tahun, yang tendangan penalti penentunya memenangkan Piala Afrika dan kualifikasi Piala Dunia untuk negaranya tahun ini, mengalami cedera pada fibula kanannya saat Bayern menang 6-1 melawan Werder Bremen dan absen pada pertandingan akhir pekan ini. melawan Schalke.

Tapi pelatih Aliou Cisse memasukkan jimat tim ketika dia menyebutkan skuad 26 pemainnya pada konferensi pers di Dakar pada hari Jumat, mengatakan dia yakin Mane bisa pulih tepat waktu untuk bermain di turnamen.

Dia mengatakan Senegal telah mengirim dokter federasi Senegal untuk memeriksa Mane pada hari Kamis dan telah diberitahu bahwa dia tidak akan memerlukan operasi. “Itu berita yang sangat bagus dan kami sekarang memiliki kesempatan untuk mencoba membuatnya fit untuk turnamen. Kami sekarang memiliki dua minggu untuk mengamati dan melihat bagaimana cederanya bereaksi terhadap perawatan. Saya lebih suka mempertahankannya di skuat karena dia adalah bagian penting dari kami.”

Pelatih menggunakan contoh penyerang Watford Ismaila Sarr, yang cedera saat memasuki putaran final Piala Afrika bulan Januari, tetapi dimasukkan ke dalam skuat dan pulih setelah putaran pertama untuk berkontribusi pada kesuksesan Senegal di turnamen tersebut. “Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk memastikan kami dapat memulihkan Mane tepat waktu untuk bermain,” tambah Cisse.

Menanggapi saran Sekretaris Jenderal FIFA Fatma Samoura bahwa Mane dapat dirawat oleh “dukun” untuk membuatnya fit tepat waktu, pelatih Bayern Julian Nagelsmann mengatakan pada konferensi pers: “Saya bahkan tidak tahu apa itu dukun.”

“Dalam 10 hari kami akan memeriksanya lagi untuk melihat bagaimana pemulihan dan kemajuannya dan kami akan mengambilnya dari sana. Jelas (Senegal) sangat ingin dia bermain tetapi kami harus menunggu dan melihat bagaimana situasi medisnya. Jika dia tidak bisa bermain, dia tidak bisa bermain, apakah FA menginginkannya atau tidak. Ini adalah jenis situasi yang melampaui aspek olahraga.”

Cisse tetap percaya dengan mayoritas skuad yang memenangkan AFCON di Kamerun tetapi termasuk bek Ismail Jakobs dan striker Nicolas Jackson dan Ilimane Ndiaye, yang mendapatkan caps pertama mereka setelah kualifikasi Piala Dunia diamankan pada bulan Maret.

“Pemain yang dipilih sesuai dengan visi dan filosofi kami. Mereka adalah pesaing tingkat tinggi,” kata Cisse, yang kontraknya sebagai pelatih diperpanjang dua tahun lagi, Kamis.

Skuad Senegal selengkapnya:

Penjaga Gawang: Seny Dieng (Queens Park Rangers), Alfred Gomis (Stade Rennes), Eduoard Mendy (Chelsea)

Bek: Fode Ballo-Toure (AC Milan), Pape Abou Cisse (Olympiakos), Abdou Diallo (RB Leipzig), Ismail Jakobs (Monaco), Kalidou Koulibaly (Chelsea), Formose Mendy (Amiens), Youssouf Sabaly (Real Betis)

Gelandang: Pathe Ismael Ciss (Rayo Vallecano) Krepin Diatta (Monaco), Idrissa Gana Gueye (Everton), Pape Gueye (Marseille), Cheikhou Kouyate (Nottingham Forest), Mamadou Loum (Membaca), Nampalys Mendy (Leicester City), Moustapha Name (Pafos FC), Pape Matar Sarr (Tottenham Hotspur)

Penyerang: Boulaye Dia (Salernitana), Famara Diedhiou (Alanyaspor), Bamba Dieng (Marseille), Nicolas Jackson (Villarreal), Sadio Mane (Bayern Munich), Ilimane Ndiaye (Sheffield United), Ismaila Sarr (Watford).

Nur Muktiadi