blank
Para anggota Linmas Desa Ngadiroyo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri, menjalani pelatihan dengan instruktur personel Babinsa dan Bhabinkamtibmas.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tanpa dilandasi kedisiplinan, pelaksanaan tugas pekerjaan tidak akan dapat maksimal. Masalah pentingnya kedisiplinan, ditekankan dalam pelatihan kepada para anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Desa Ngadiroyo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri.

Pelatihan Linmas di Desa Ngadiroyo ditangani oleh personel Babinsa Sertu Sarto dari  Koramil-04/Nguntoronadi Kodim 0728 Wonogiri, bersama anggota Bhabinkamtibmas Aipda Aris Winarno.

Duet instruktur Babinsa dengan Bhabinkamtibmas ini, memberikan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada 22 anggota Linmas. Pelatihan berlangsung di kompleks Gedung Serbaguna Desa Ngadiroyo, dengan melibatkan peran dari Kepala Desa (Kades) setempat Mulyono.

Sebelum memasuki praktik pelatihan PBB, kepada para anggota Linmas dibekali teori tentang pentingnya kedisiplinan. ”Tanpa kedisiplinan, maka keberhasilan tugas tidak akan dapat maksimal,” tandas Sertu Sarto. Dengan penanaman tentang pentingnya kedisiplinan, diharapkan personel Linmas dapat menjadi insan yang tangguh, terampil dan tangkas dalam melaksanakan tugas.

Di desa, Linmas tampil menjadi petugas garda terdepan dalam membantu aparat keamanan, untuk menciptakan situasi yang kondusif. Usai mendapatkan pembekalan teori, mereka kemudian menjalani praktik yang digelar di halaman Gedung Serbaguna.

Bambang Pur