blank
Diyah Ayu tampil dalam Lomba Monolog Peksimida di Universitas Tidar Magelang, 10-11 September 2022. (Foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mahasiswa Fakultas Hukum USM, Diyah Ayu mengikuti lomba Monolog dalam Peksimida pada Minggu (11/9/2022) di Universitas Tidar Magelang.

Lomba diikuti perguruan tinggi Se-Jawa Tengah antara lain Undip, Unnes, UNS, Uisri, UTP, Unsoed, Unika Soegijapranata, Udinus, Unimus, Unwahas, Upgris, dan Unissula . Diyah Ayu mengambil cerita “Balada Sumarah” dalam monolognya.

Ayu mengatakan, monolog adalah drama/pertunjukan cerita yang diceritakan dan diperankan oleh satu orang.

Adapun Balada Sumarah adalah suatu cerita monolog karya Tentrem Lestari yang menceritakan tentang seorang perempuan yang hidup sebatang kara penuh dengan kesengsaraan karena kehilangan kepala keluarga yang hilang akibat dituduh sebagai PKI.

Dalam lomba tersebut Diyah Ayu memerankan monolog tersebut dengan penuh penjiwaan. Dia mengenakan atribut serta menyemir rambutnya untuk mengoptimalkan perannya.

Dengan persiapan yang mendadak, ia mangaku belajar secara otodidak dari menonton youtube.

“Sebenarnya ini pengalaman baru, saya masih awam karena saya masih belajar bagaimana cara mengekspresikan diri, menyatukan kemistri dan meredam situasi panggung,” jelas Diyah Ayu yang juga sebagai ketua UKM Tari USM.

Dia berharap, ke depan, USM memberikan materi pelatihan monolog kepada mahasiswa serta membuka UKM Teater.

”Manfaat terbesar dari belajar seni teater adalah meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Hal ini berguna sekali bagi mahasiswa yang tengah berada dalam usia perkembangan,” ungkapnya.

Muhaimin