Personel Sub Satgas Dikmas Operasi Patuh 2022 Polres Wonogiri (kanan), peduli membagikan masker kepada para siswa di SMA Negeri 2 Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Operasi Patuh Candi tidak hanya menggelar cegatan dan razia kendaraan di jalan. Jajaran Satlantas Polres Wonogiri pimpinan Kasatlantas AKP Marwanto, juga mendatangi sekolah melakukan pembinaan kepada para siswa.

Selasa (14/6), Sub Satgas Dikmas Operasi Patuh 2022 Polres Wonogiri, mendatangi SMA Negeri 2 Wonogiri, untuk memberikan penyuluhan kepada para pelajar. Materinya, tentang pentingnya keselamatan berkendaraan di jalan.

Kepada para siswa, diberikan pemahaman tentang pentingnya mentaati aturan berlalu-lintas sesuai dengan Undang Undang. Ini dimulai dari sebelum berkendaraan, yakni perlu pengecekan kelengkapan perorangan dan kelengkapan kendaraan.

Pada saat berkendara di jalan, harus mengutamakan aspek terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu-lintas (Kamseltibcarlantas).

Semua itu penting untuk dilakukan, demi mencegah terjadinya kecelakaan lalu-lintas. Juga menghindarkan terjadinya fatalitas korban yang melibatkan para pelajar.

Bagi Masker

Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri Aiptu Iwan Sumarsono, menyatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan mendasarkan pada Undang-Undang Nomor: 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Undang-Undang Nomor: 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan (UULLAJ).

Juga mendasarkan Surat Perintah Kapolres Wonogiri Nomor : Sprin/351/VI/OPS.1.3./2022 Tanggal 9 Juni 2022 tentang pelaksanaan Ops Patuh Candi 2022, serta Renja Polres Wonogiri Tahun Anggaran (TA) 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Wonogiri ini, diikuti sebanyak 800 pelajar. Dikemas dalam tajuk ‘Satu Jiwa, Wonogiri Tertib Berlalu-lintas, Wonogiri Prokes untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.’

Bersamaan itu, Kanit Kamsel Satlantas Iptu Sutarto dan Anggota Satlantas Polres Wonogiri, membagi-bagikan 245 lembar leaflet berisi penjelasan Operasi Patuh Candi 2022, dan 315 masker kepada para siswa.

Sub Satgas Dikmas Operasi Patuh Candi 2022 Polres Wonogiri, berharap, melalui kegiatan tersebut dapat menjadi media untuk mewujudkan pelajar sebagai pelopor dalam menciptakan keselamatan berlalu lintas.

Bambang Pur