calon haji 2022
Paryono, salah satu calon jemaah haji asal Desa Sudimoro, Kecamata Srumbung Kabupaten Magelang sedang melihat pengumunan daftar calon jemaah haji asal Kabupaten Magelang yang dipasang di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang. Foto: Yon

KOTA MUNGKID( SUARABARU.ID)-  Kabupaten Magelang mendapatkan kouta calon jemaah haji tahun 2022 ini sebanya 549 orang. Ke-549 calo jemaah haji tersebut  dipastikan akan berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun 2022 ini.

‘’Mereka merupakan bagian dari 13.776 orang  kouta calon haji se-Jawa Tengah  pada musim haji tahun ini,” kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, Khamim Setiawan, Selasa ( 10/5/2022).

Khamim mengatakan, ke-13.776 calon jemaaah haji tersebut  sudah melunasi biaya ibadah haji tahun 2020. Seharusnya,  para calon jemaah haji asal Kabupaten Magelang tersebut berangkat ke Tanah Suci Mekah pada tahun 2020  lalu. Namun, tertunda keberangkatannya karena adanya  pandemic covid-19.

calon haji 2022

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, Khamim Setiawan. Foto: Yon

Ia menjelaskan, mereka yang dipastikan berangkat menuaikan Rukun Islam kelima tersebut selain telah melunasi biaya ibadah haji juga ada persyaratan lainnya. Seperti, umur calon jemaah haji maksimal 65 tahun dan minimal 18 tahun per 30 Juni mendatang.

Kemudian, calon jemaah haji yang akan  berangkat diharuskan sudah vaksin minimal dosis pertama. Selain itu belum pernah  naik haji, atau sudah pernah naik haji minimal 10 tahun lalu.

“Sebagian besar, mereka mendaftarkan sebagai calon jemaah haji pada tahun 2011 dan awal 2012 silam,” katanya.

Khamim menambahkan, dari 549 calon Jemaah haji tersebut, dua orang diantaranya diketahui telah meninggal dunia. Namun, pihaknya  belum mendapatkan laporan dari keluarga  yang bersangkutan.

Ia mengatakan, calon  jemaah haji yang meninggal dunia tersebut keberangkatannya  bisa diwakilkan. Dengan syarat, yakni  yang meninggal dunia  setelah 28 April 2020 ke atas dan bisa diwakilkan kepada suami atau istri, orang tua kandung, anak kandung dan saudara kandung.

Paryono, salah satu calon Jemaah haji asal Desa Sudimoro, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang mengaku bersyukur  karena termasuk dalam daftar calon  Jemaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekah pada tahun ini.

Kebahagiaannya tersebut semakin bertambah, setelah istrinya Titik Mulyaningsih juga masuk dalam daftar calon Jemaah haji yang diberangkatkan pada tahun ini.

“ Alhamdulillah, ada nama saya dan istri yang masuk dalam daftar calon jemaah haji tahun ini,” katanya.

Ia menambahkan,  sebenarnya dirinya dan istri dijadwalkan berangkat haji pada tahun 2020 lalu, namun tertunda karena adanya pandemic covid-19.  Yon