blank
MEMBLUDAK - Pengunjung Wisata Pantai Alam Indah membludak. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Hari kedua Idul Fitri, tempat wisata pantai andalan Kota Tegal, Jawa Tengah dipadati ribuan pengunjung dari berbagai daerah. Mereka memadati Obyek Wisata (OW) Pantai Alam Indah (PAI) Selasa (3/4/2022). Dibuka sejak pukul 06.00 hingga pukul 14.30 pengunjung mencapai 6.753 pengunjung.

“Saat lebaran kemarin pengunjung belum ramai seperti saat ini. Berdasarkan data dari sistem, hari ini tercatat jumlah pengunjung ada 6.700-an terhitung sampai pukul 14.30,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kota Tegal Irkar Yuswan Efendi di sela monitor OW PAI.

Irkar mengatakan, hari pertama lebaran sudah ada pengunjung tetapi tidak sebanyak hari kedua. Dimungkinkan hari kedua pengunjung sudah saling silaturahim ke saudara sehingga waktu luang dimanfaatkan untuk berwisata.

Sebetulnya kapasitas OW PAI kalau berdasarkan tahun kemarin datanya 5.000 tetapi kalau melihat peluang PAI secara luas bisa menampung 10.000 pengunjung. “Sehingga kita targetkan kalau sampai pukul 14.30 mencapai 6.700 pengunjung lebih, saya optimis hari ini bisa 10.000 pengunjung masuk OW PAI,” ujar Irkar.

Cuti bersama sampai 8 Mei 2022 menjadi peluang bagi OW PAI untuk menampung para pemudik sampai H+7 lebaran. “Kita fasilitasi para pengunjung yang hendak menikmati suasana pantai Kota Tegal bisa nyaman, tenang dan puas,” katanya.

Irkar berharap para pengunjung bisa menikmati makan khas Kota Tegal Tegal seperti ikan bakar atau makanan khas lainnya yang ada komplek OW PAI.

Meski pengunjung membludak Irkar memastikan para pengunjung tetap wajib mematuhi protokol kesehatan. Bersama pihak kepolisian pihaknya juga melakukan inspeksi terhadap pengunjung yang tidak mengenakan masker maka akan diberikan masker.

Terkait Harga Tanda Masuk (HTM) Irkar nenyampaikan sampai hari ini karena rekomendasi dari Kementrian Keuangan belum turun, masih menggunakan Harga Tiket Masuk (HTM) yang lama yakni Rp 3.000 per orang dewasa, ana-anak Rp 2.000. Untuk kendaraan roda dua Rp 1 ribu dan roda empat Rp 2 ribu.

“Jadi OW PAI Kota Tegal ini paling murah se-Jawa Tengah. Tetapi kalau nanti regulasinya sudah turun terkait rekomendasi dari Kemenkeu nantinya untuk HTM bisa Rp 10.000 dengan berbagi fasilitas seperti jet ski,” pungkas Irkar.

Nino Moebi