Tim medis RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso bersama Tim Inafis Polres Wonogiri, melakukan pemeriksaan pada jenazah korban tewas karena tergulung pusaran mesin pabrik kertas.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Topan Cahyono Putro (25), tewas secara tragis di pabrik kertas Wonogiri. Pria kelahiran Kabupaten Karanganyar 28 November 1997 ini, tercatat sebagai penduduk Dusun Tanjung, Desa Jatisobo, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karanganyar.

Saat dibawa ke RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, korban sudah meninggal dengan kondisi menderita luka parah dan beberapa organnya hancur, karena trauma mesin pembuat kertas. Dia mendapat pemeriksaan oleh tim medis RSUD pimpinan Dokter Supriyanto bersama tim Inafis Polres Wonogiri.

Untuk pangrukti layon (pemulasaraan jenazah)-nya dilakukan oleh tenaga RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarsono, Wonogiri, sebelum kemudian diserahkan ke pihak keluarga untuk pemakamannya.

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto bersama Kasat Reskrim AKP Supardi dan Kapolsek Wonogiri Kota AKP Dr Dwi Krisyanto, melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, semalam, menyatakan, Topan Cahyono Putro, tewas sebagai korban kecelakaan kerja.

Petugas yang melakukan penanganan dan penyelidikan di pabrik, menemukan fakta bahwa korban tergulung oleh pusaran mesin pembuatan kertas. Yang membuat beberapa organ tubuhnya mengalami hancur.

Pusaran Mesin

Kejadian tragis ini, diawali saat korban yang bekerja di lantai dua, berupaya menyambung lembaran kertas yang terputus di pusaran mesin. Tapi mendadak rekan sekerjanya, Mas’ud Yunus (52), tidak lagi melihat keberadaan korban.

Peristiwa ini, segera diberitahukan kepada rekan sekerjanya, yakni Harjono (54). Berdua kemudian mematikan mesin dan berupaya mencari keberadaan Topan. Pencarian dilanjutkan ke lantai satu dan menemukan ceceran darah dan organ tubuh yang hancur berserakan di seputar mesin.

Tubuh korban ditemukan di selokan bawah mesin, sudah meninggal dunia. Diperkirakan, Topan, mengalami kecelakaan kerja, yakni masuk ke putaran mesin pembuat kertas yang memiliki kecepatan pusar 150 Rpm atau 9 Km per jam.

Tragedi maut tersebut berlangsung di pabrik kertas PT Prima Paper Indonesia, di Dusun Timang Kulon, Desa Wonokerto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri, Aiptu Iwan Sumarsono, menambahkan, kejadiannya berlangsung Minggu (10/4) Pukul 11.00, dan dilaporkan ke Polsek Wonogiri Kota Pukul 11.45.

Bambang Pur