Rektor USM, Dr Supari ST MT dan Kapolda Jateng Drs Ahmad Luthfi SSt MK SH menunjukkan naskah MoU yang telah ditandatangani.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Universitas Semarang (USM) dan Polda Jateng melakukan kerja sama dengan manandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) pada Kamis (7/4) di Polda Jateng.

Kerja sama meliputi peningkatan kualitas sumber daya manusia, pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi, dan pemanfaatan Forum Kemitraan Polisi, Masyarakat Dan Mahasiswa (FKPMM) di lingkungan USM.

Seusai menandatangani naskah MoU, Rektor USM Dr Supari ST MT dan Kapolda Jateng Drs Ahmad Luthfi SSt MK SH berfoto bersama.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Kapolda Jateng, Drs Ahmad Luthfi SSt MK SH dan Rektor USM Dr Supari ST MT.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Biro SDM Polda Jateng Brigjen Pol Drs Iriansyah SH, Kepala Biro Ops Polda Jateng Kombes Pol Drs Firly Ruspang Samosir MSi, Kabid Kum Polda Jateng Kombes Pol Ari Wibowo SIK MH, Direktur pascasarjana USM Dr Indarto, dan Kaprogdi S2 Magister Hukum USM Dr Kukuh Sudarmanto MH.

Rektor USM, Dr Supari mengatakan, dengan adanya MoU ini antara USM dan Polda Jateng saling bergandengan tangan melangkah bersama membangun Jateng pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

”USM mempersipakn sumber daya manusia masa depan, termasuk sumber daya manusia di lingkungan kepolisian yang ingin lanjut studi di USM. Peningkatan kompetensi anggota polisi menggunakan fasilitas dan narasumber dari USM, dan kajian regulasi menggunakan sumber daya dari USM,” ungkap Supari.

Menurutnya, pihaknya siap memberikan pertimbangan-pertimbangan akademik yang berkaitan dengan tugas pokok, fungsi, dan peran Polda Jateng. USM sudah sejak lama memiiliki Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM).

”USM juga selama ini telah menjalin kerja sama dengan kepolisian dalam menyiapkan instrument dalam bentuk soal uji kompetensi kenaikan pangkat yang melibatkan fakultas hukum, psikologi, dan ekonomi. USM juga memiliki banyak mahasiswa dari anggota kepolisian,” ujarnya.

Dengan adanya MoU, katanya, kajian pusat studi di bawah LPPM makin bisa dikembangkan, seperti kajian tentang kebijakan-kebijakan pemerintah termasuk yang dikeluarkan oleh kepolisian.

Sebelumnya, Kapolda Jateng Drs Ahmad Lutfi SSt MK SH sudah beberapa kali mengunjungi USM di antaranya saat menjadi moderator kuliah umum bersama Menko Polhukam RI yang sekaligus Ketua Dewan penyantun USM Prof Mahfud MD dan kegiatan vaksinasi di kampus USM.

Seiring visi USM yang berkeindoensiaan, lanjutnya, pihaknya siap bersinergi mendukung program kerja Polda Jateng dan siap mengirim mahasiswa untuk magang di Polda Jateng.

Sementara itu Kapolda Jateng, Drs Ahmad Luthfi mengatakan, Polda siap melaksanakan sinergi bersama USM membangun dan memajukan Jateng.

”Kami akan mendukung program USM dan bersinergi dengan Polda Jateng untuk memajukan masyarakat Jawa Tengah,” tandas Kapolda.

Saiful/Muha