blank
Lestari Moerdijat (kiri) berharap, sistem pendidikan di Indonesia bisa segera diperbaiki, untuk menghasilkan generasi penerus yang berkarakter dan berdaya saing. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Upaya untuk meningkatkan kemampuan peserta didik, harus terus diupayakan secara sistematis dan semaksimal mungkin. Hal ini untuk menjawab hasil Asesmen Nasional di sektor pendidikan, yang dilakukan Kemendikbudristek.

”Hasil Asesmen Nasional ini harus segera ditindaklanjuti dengan langkah-langkah yang terukur dan sistematis. Sehingga upaya untuk meningkatkan kemampuan peserta didik bisa dilakukan secara maksimal,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/4/2022).

Hasil Asesmen Nasional yang dilakukan Kemendikbudriatek pada 2021 itu, dirilis Mendikbudrstek, Nadiem Makarim, Jumat (1/4/2022).

BACA JUGA: Sistem Distribusi Minyak Goreng Curah Harus Diubah

Berdasarkan hasil asesmen yang diikuti lebih dari 6,5 juta peserta didik ini, terdapat isu kompetensi siswa di Indonesia dengan perbedaan capaian per jenjang. Mulai dari SD, SMP, hingga SMA/sederajat.

Hasil Asesmen Nasional menyimpulkan, 1 dari 2 peserta didik belum mencapai kompetensi minimum literasi, dan 2 dari 3 peserta didik belum mencapai kompetensi minimum numerasi.

Besarnya jumlah peserta didik yang belum mencapai target kompetensi, menurut Lestari, harus menjadi perhatian serius semua pihak.

BACA JUGA: Ganjar Geram, Pengiriman Minyak Goreng Terlambat Datang

Sehingga, tegas Rerie, sapaan akrab Lestari Moerdijat, harus didorong dalam waktu yang sesegera mungkin, agar para pemangku kepentingan memetakan sejumlah penyebab para peserta didik belum memiliki kompetensi yang diharapkan.

Rerie menilai, langkah koreksi yang mendasar terhadap sistem pendidikan Nasional harus segera dilakukan, agar bangsa kita tidak jauh tertinggal dari negara-negara lain dalam menghadapi tantangan di masa depan.

Anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu sangat berharap, para pemangku kepentingan di pusat dan daerah serta masyarakat, bahu membahu untuk mengatasi sejumlah kendala yang dihadapi sektor pendidikan Nasional.

Sehingga, tegas Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem itu, pelaksanaan sistem pendidikan yang terpantau belum menghasilkan peserta didik sesuai kompetensi yang diharapkan itu, bisa segera diperbaiki untuk menghasilkan generasi penerus yang berkarakter dan berdaya saing di masa datang.

Riyan