Platar Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jatim, perbukitan indah di bibir pantai Samudera Indonesia.(Foto: Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Ini bukan Switzerland, tapi bukit Platar Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jatim. Yakni perbukitan indah yang terletak di bibir pantai Samudera Indonesia.

Demikian ditegaskan Prokopim Pemkab Pacitan, Jumat (18/3), terkait dengan pesona keindahan alam perbukitan yang berada di bibir Samudera Indonesia tersebut.

Lokasi itu, dipilih Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, untuk lokasi berkemah atau nge-camp, dalam rangkaian agenda ngantor di Kecamatan Nagdirojo.

Untuk pertamakalinya Bupati beserta rombongan, berkemah di kawasan pantai, setelah sebelumnya berkemah di sejumlah tempat kawasan pegunungan.

Perbukitan Platar, berada di bibir pantai selatan. Di bukit yang landai ini, tersuguhkan pesona keindahan alam. Terdiri atas paduan hamparan padang rumput yang menghijau dengan birunya laut selatan serta tebing karang pantai dengan gores-gores indah alami.

Tidak hanya di siang hari, keindahan bukit Platar juga mempesona saat malam. Dari ketinggian bukit, membentang pemandangan kerlap-kerlip lampu di sepanjang pantai.

Kerlap-kerlip

Lampu-lampu itu adalah penerangan rumpon (alat bantu penangkapan ikan yang dipasang di laut) buatan para nelayan. Yang itu berpadu dengan gemerlapnya cahaya bintang dan sinar rembulan di langit.

Ini bukan Switzerland, tapi kawasan pantai perbukitan Platar, di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jatim.(Foto: Prokopim Pacitan)

Keberadaannya penerangan rumpon, menebarkan tebaran kerlap-kerlip cahaya layaknya hewan Kunang-kunang (Lampyridae). Yakni serangga bersayap yang dapat terbang, dan memancarkan cahaya di kegelapan malam.

Untuk mencapai Bukit Platar, lebih dulu harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 KM dari jalur utama Pacitan ke arah Trenggalek. Ini bisa menggunakan kendaraan roda empat. Sebelum akhirnya harus berjalan kaki, menyusuri jalan setapak ke perbukitan bibir pantai.

Rasa lelah dan penat pengunjung, dapat terobati manakala telah mencapai perbukitan Platar yang indah mempesona. Bagai keindahan kawasan wisata pantai Switzerland yang ada Kabupaten berjuluk Paradise of Java (Pacitan) tersebut.

Switzerland (Swiss) adalah sebuah negara maju yang terletak di Eropa Barat, memiliki luas sekitar 41.285 KM persegi. Setara dengan sepertiga dari luas Pulau Jawa.

Negara Swiss terletak di antara negara-negara di benua Eropa, yang dikelilingi oleh Prancis di sisi barat, Jerman di sisi utara, Italia di sisi selatan, serta Austria dan Liechtenstein di sisi timur. Kawasan ini terkenal sebagai destinasi wisata kelas dunia.

Bambang Pur