Kakanwil Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin mengajak seluruh insan pers untuk bersama-sama mencerdaskan dan memberikan edukasi kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Yuspahruddin di kantornya, bertepatan pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tanggal 9 Februari 2022.

“Saya mengucapkan Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers. Mari bersama-sama memberikan edukasi dan mencerdaskan masyarakat, khususnya di Jawa Tengah,” kata Yuspahruddin.

Yuspahruddin mengapresiasi peran pers sebagai pilar keempat demokrasi selain kekuasaan eksekutif, legislatif, dan yudikatif. “Saya memandang selama ini kerja pers sudah sangat luar biasa,” ujarnya.

Yuspahruddin mengatakan, Kanwil Kemenkumham Jateng sangat terbantu. Menurutnya, wujud nyata dari hal tersebut adalah meningkatnya akses masyarakat terhadap beragam layanan di Kemenkumham, seiring semakin teredukasinya masyarakat melalui pers.

“Kami berharap saat terjadi hal-hal penting yang menyebabkan ketidakpastian di masyarakat, pers bisa konfirmasi langsung ke Kemenkumham, untuk kami sampaikan. Dan kami harapkan kerja sama yang ada dapat terus kami tingkatkan,” tuturnya.

Sementara pada peringatan HPN, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa kebebasan pers dan perlindungan terhadap profesi wartawan dijamin dalam Undang-undang.

Presiden juga mengucapkan terima kasih kepada insan pers karena meskipun berada dalam situasi pandemi, insan pers tetap bekerja, terus menyampaikan informasi, meningkatkan literasi membangun optimisme, dan harapan, sehingga masyarakat tetap tangguh menghadapi dampak pandemi Covid-19.

Ning