Para wartawan PWI Kebumen dan PNS Kominfo serta keluarga berdoa di Makam Goenawan Efendi di Makam Pejagoan, Senin 7/2.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Ziarah ke makam wartawan, mengawali rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kabupaten Kebumen, Senin (7/2).

Pada ziarah kali ini rombongan PWI Kebumen bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berziarah ke makam Fuad Hasyim (Kebumen Ekspres) di Makam Sijago, perbatasan Kelurahan Selang dan Desa Adikarso, Kebumen. Doa tahlil dipimpin oleh Agung Hariadi dari Dinas Kominfo.

Selanjutnya rombongan wartawan dipimpin Ketua PWI Kebumen Supriyanto dan Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Kebumen Dewi Indri Astuti, menuju ke pemakaman umum Desa Kutosari, Kecamatan Kebumen.

Para wartawan Kebumen dan PNS Kominfo ziarah ke Makam M Fuad Hasyim di Makam Sijago Selang.(Foto:SB/Ist)

Di Pemakaman Umum Desa Kutosari ini para wartawan media cetak,elektronik dan on line serta staf Dinas Kominfo mendoakan tiga orang mantan wartawan.  Moh Sujangi (Sinar Tani), M Baihaqi dan RAI Ageng Sulistyo Handoko (Berita Buana).

Selanjutnya rombongan insan  pers dan Kominfo menuju ke pemakaman umum Desa Pejagoan. Di makam itu wartawan mendoakan arwah Goenawa Efendi (Suara Merdeka/Humas Pemkab Kebumen).

Bahkan para wartawan serta staf Dinas Kominfo Kebumen sempat mampir dan bersilaturahmi ke kediaman keluarga Goenawan Efendi di Gang Turi Pejagoan.

Menikmati Jenang dan Wedang Rempah Bunga Telang

Salah satu anak Goenawan Efendi, Unggul  Winarti,yang menjabat Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kebumen, menemui para wartawan.  Silaturahmi singkat tetapi gayeng. Sebab tuan rumah menjamu aneka jenang sumsum serta wedang rempah bunga Telang.

Ketua PWI Supriyanto berterima kasih atas jamuan dari Ungul Winarti. Pihaknya meneruskan tradisi  setiap menjelang HPN wartawan selalu ziarah ke makam wartawan dan bersilaturahmi ke keluarganya.

“Terima kasih atas jamuan mbak Unggul. Kami bertekad menjalin peseduluran selawase dengan keluarga wartawan di Kebumen,”ucap Supriyanto.

Unggul Winarti mewakili keluarga berterima kasih dan merasa bahagia setiap tahun makam ayahnya diziarahi para wartawan dan jajaran Pemkab. Pihaknya tidak bisa membalas kecuali mendoakan agar para wartawan selalu sehat dan sukses.

Paling akhir, para wartawan menuju ke makam S Roendhayat, mantan wartawan KR Yogyakarta dan staf Intelijen Kejaksaan Negeri Kebumen di Desa Purwogondo, Kecamata Kuwarasan. Di makam ini para wartawan juga mengirim doa ke mendiang Ludiyo Darnuji, mantan wartawan Fakta Surabaya.

Komper Wardopo