Tujuh Ketua Umum KONI Solo Raya menyatakan mendukung bakal calon Ketua Umum KONI Jateng Periode 2021-2025, Bona Ventura Sulistiana, di Musorprov yang dijadwalkan digelar di Hotel Patra, Semarang, Kamis-Jumat (23-24/12/2021). Foto: dok/ist

KLATEN (SUARABARU.ID)– Nama Bona Ventura Sulistiana dijagokan oleh tujuh Ketua Umum KONI Solo Raya. Mereka berkomitmen untuk merapat ke bakal calon Ketua Umum KONI Jawa Tengah Periode 2021-2025 ini.

Hal itu seperti yang disampaikan Koordinator KONI Solo Raya, Lilik Kusnandar, yang juga merupakan Ketua KONI Kota Surakarta, Kamis (9/12/2021).

”Setiap tiga bulan, kami memang melakukan pertemuan untuk membahas perkembangan pembinaan di Solo Raya. Karena saat ini bersamaan dengan masa menjelang Musorprov, yang salah satu agendanya memilih Ketua Umum KONI Jateng, maka kami bersepakat mendukung Bona Ventura Sulistiana,” kata Lilik di Solo.

BACA JUGA: Kasau: Tantangan TNI AU Semakin Kompleks dan Tidak Bisa Diprediksi

Para Ketua KONI yang hadir adalah tuan rumah Klaten Parwanto, Lilik Kusnandar (Surakarta), Agung Joko Purwanto (Boyolali), Eko Budi Santoso (Wonogiri), Subono (Sragen), Sukono (Sukoharjo), dan Sumarno (Karanganyar). Terlihat pula mantan Ketua KONI, di antaranya Gatot Sugiarto (KONI Surakarta 2017-2021).

Dalam keterangannya, Lilik yang juga menjabat sebagai Ketua Harian Pengprov IMI Jateng itu menyebut, Bona merupakan tokoh yang berpengalaman di kancah olahraga Jateng. Pengalamannya menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum KONI Jateng, menjadi modal utama.

Satu hal yang menjadi pertimbangannya mengapa memilih Bona yakni, meskipun saat ini bukan anggota legislatif atau birokrat, tetapi hubungan Bona dengan kalangan dewan dan Pemprov Jateng sangat dekat.

BACA JUGA: Mobil Satgas Bencana UNS Tertimbun Lahar Semeru Saat Evakuasi Warga

”KONI adalah mitra pemerintah dalam pembinaan olahraga. Sehingga suka atau tidak suka, tokoh yang memiliki kedekatan dengan birokrat dan dewan, sangat dibutuhkan,” tegasnya.

Bona juga diketahui pengurus partai di Jateng. Senioritas di partainya, menjadi modal pula untuk kenal lebih dekat dengan bupati dan wali kota di Jateng.

”Beliau bukan hanya akrab dengan tokoh yang separtai. Lintas partai atau dengan partai lain juga dekat,” ungkapnya.

BACA JUGA: Polres Kebumen Penyelesaian Kasus Terbanyak se Polda Jateng

Secara pribadi, Lilik juga sudah sangat akrab dalam urusan membina olahraga. Saat IMI Jateng dipimpin Hendrar Prihadi (kini Wali Kota Semarang-red), Bona adalah sekretaris, sedangkan Lilik menjadi Kabid Pembinaan.

”Jadi kami sudah tahu betul kelebihan dan kekurangannya. Hal inilah yang saya sampaikan kepada rekan-rekan Ketua KONI Solo Raya,” imbuh Lilik, yang menjadi tokoh pertama yang menyerahkan surat dukungan kepada Bona, atas nama Pengprov IMI Jateng, saat deklarasi Bona Ventura di Hotel Grasia, pada 1 Desember lalu.

Agenda lain yang sebenarnya merupakan acara utama dari pertemuan rutin tiga bulanan itu yakni, gagasan untuk menggelar Pekan Olahraga Solo Raya (POR Solo Raya). Diakui dia, ide itu diilhami sukses KONI Dulongmas (Kedu, Pekalongan dan Banyumas).

BACA JUGA: Vaksinasi Massal Empat Daerah di Jateng

”Kan bagus kita iri dengan sukses pihak lain. Jadi terus terang, POR Dulongmas itu mengilhami kami,” ungkapnya.

Mengenai kapan dilaksanakan POR Solo Raya, Lilik belum bisa memastikan. Sebab ide itu perlu dimatangkan pada rapat-rapat berikutnya. ”Persiapan harus matang. Kami juga harus menyatukan visi,” sebutnya.

Riyan