Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo SE M.P.P memasangkan pangkat perwira kepada lulusan  terbaik Setukpa A-25 upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Perwira Lulusan Setukpa A-25 Tahun 2021 yang berlangsung di Pangalan Udara Adi Soemarmo Solo , Kamis (9/12).(Dok/Lanud SMO)

SURAKARTA(SUARABARU.ID) – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo SE M.P.P menegaskan, mengamati dinamika lingkungan strategis serta perkembangan teknologi global, maka tantangan yang dihadapi TNI Angkatan Udara akan semakin kompleks dan tidak bisa diprediksi.

Diyakini, profesionalisme disertai sikap adaptif dan inovatif merupakan kebutuhan krusial bagi suatu organisasi untuk menghadapi berbagai perubahan tersebut.

“Sumber daya manusia yang unggul merupakan aset terpenting dalam memastikan jalannya tugas dan fungsi organisasi, termasuk juga bagi TNI Angkatan Udara”, tandas Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo SE M.P.P dalam amanatnya pada upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Perwira Lulusan Setukpa A-25 Tahun 2021 di Pangkalan Udara Adi Soemarmo Solo , Kamis (9/12).

Saya yakin, lanjut Marsekal TNI Fadjar Prasetyo SE MP.P, berbekal pengalaman dinas disatuan serta penempatan pada lembaga pendidikan Setukpa ini para perwira yang ada di hadapan saya akan mampu untuk berpikir lebih kritis serta bertindak dengan semakin bijak dan professional.

Bersamaan itu pula, mengemban tugas sebagai seorang perwira merupakan sebuah kehormatan yang harus senantiasa dijaga sampai kapan pun. Ini menjadi perwira merupakan tonggak sejarah sekaligus awal babak baru dalam pengabdian sebagai insan Swabhuanapaksa.

“Momen ini juga merupakan kebanggaan dan kebahagiaan bagi keluarga yang senantiasa mengiringi perjalanan tugas pengabdian para perwira sekalian,” tegas Kasau.

Secara khusus Kasau berpesan kepada seluruh perwira yang baru saja dilantik bahwa pangkat perwira yang tersemat merupakan sebuah kehormatan yang harus senantiasa dipelihara.

“Ingatlah bahwa semua kebanggaan dan pencapaian tersebut tidak hanya untuk diri kalian sendiri. Tetapi juga untuk keluarga kalian yang dengan tulus ikhlas mendampingi dan mendukung pengabdian kalian bersama TNI angkatan udara,” kata Marsekal Fadjar.

Acara juga yang diwarnai dengan tampilan kolone pedang dan flypass  pesawat terbang. Dari Penerangan Lanud Adi Soemarmo diperoleh keterangan,  Setukpa Angkatan -25 diikuti 207 siswa terdiri atas 187 siswa pria dan 20 siswawanita.

Adapun 207 lulusan Setukpa A-25 terdiri dari sejumlah kecabangan meliputi Korps Teknik 20 perwira, Korps Elektronik 31 perwira, Korps Khusus 48 perwira, Korps Kesehatan 21 perwira. Juga Korpss Administrasi 23 perwira, Korps Perbekalan 31 perwira Korps Polisi Militer 16 perwira dan Korps Pasukan Khas 17 perwira. Lulusan terbaik Setukpa A-25 adalah Letda Gideon Taku Namah asal satuan dari Pusdiklat Paskhas Bandung.

Bagus Adji