blank
Bupati mengajak dialog karyawan Perumda Air Minum Tirta Gemilang, hari ini. Foto: Eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Bupati Zaenal Arifin mengingatkan bahwa hidup harus punya tujuan yang jelas. Hal itu dia sampaikan ketika menghadiri semarak HUT ke-41 Perumda Air Minum Tirta Gemilang Kabupaten Magelang, hari ini.

Dalam acara tersebut Bupati tidak membaca sambutan tertulis yang telah disiapkan stafnya. Dia memilih turun dari panggung dan mengajak berdialog karyawan perusahaan tersebut.

Ditandaskan bahwa dalam hidup kita harus punya tujuan. Kalau tidak pernah memiliki tujuan, pasti tidak akan sampai pada titik yang diinginkan.  Dalam keyakinan kita masing-masing pasti memiliki tujuan. “Bagi saya tujuannya ingin kembali ke kampung nenek moyang kita. Kampung nenek moyang kita di mana, di surga. Kampungnya Adam dan Hawa,” katanya.

Untuk bisa mencapai tujuan, harus ditempuh langkah apa yang bisa dilakukan.

Negara juga punya tujuan. “Apa tujuan negara kita,” tanya Bupati.

Sejumlah karyawan pun memberi jawaban yang berbeda-beda. Bupati pun menandaskan bahwa di  konstitusi kita jelas disebutkan, negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk
memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Tahu Tujuan

Selebihnya Bupati menekankan bahwa karyawan harus tahu tujuan berdirinya PDAM atau perusahaan umum daerah. Atas pertanyaan itu Bupati minta karyawan memberikan jawaban.

Menurut Anna, tujuannya melayani kebutuhan air minum masyarakat Kabupaten Magelang. “Apakah perusahaan sudah mencapai tujuan atau belum,” tanya Bupati.

Dikatakan, di negeri ini ada tiga zaman, yakni pra kemerdekaan, kemerdekaan dan era mengisi kemerdekaan. Di era pra kemerdekaan ada Kerajaan Singosari, Majapahit, Pajang, Demak, Mataram Kuno, Mataram Islam. Ketika itu dinamikanya berbagai macam.

Lalu era kemerdekaan. Ketika itu para pendahulu berjuang untuk memerdekakan Indonesian. Tentu dengan tetesan darah dan air mata. Mereka berjuang dengan tulus dan ikhlas agar Indonesia merdeka.

Sekarang adalah era mengisi kemerdekaan, atau hasil perjuangan para pahlawan. Apa yang menjadi tujuan kita dalam berbangsa dan bernegara. Kita harus tahu sehingga tidak salah dalam mencapai tujuan.

“Kira-kira bapak ibu sekalian secara pribadi punya tujuan apa tidak,” katanya.

Dia pun minta karyawan perusahaan untuk menyampaikan tujuan hidupnya. Salah satu karyawan, Aryo mengatakan, tujuannya mencapai kemakmuran dan kesejahteraan. Safitri menjawab tujuan hidupnya menjadi manusia yang bermanfaat. Sulis mengatakan, dunia adalah panggung sandiwara. “Saya akan memainkan peran sebaik mungkin,” katanya.

Staf lainnya, Fajar, mengatakan, tujuannya hidup yang berdedikasi, bermartabat dan mengabdi kepada Sang Pencipta.

Di acara dialog itu semua pemberi jawaban langsung diberi amplop berisi uang oleh Bupati.

Beberapa Kegiatan

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Gemilang, Kabupaten Magelang, Agus Tri Suharyono SE MM dalam kesempatan itu mengatakan, hari ini 1 Desember 2021 memperingati hari jadi yang ke-41. Sekaligus berubah status dari PDAM menjadi Perumda Air Minum Tirta Gemilang. Dia berharap dengan perubahan itu membawa semangat baru, kecepatan, ketepatan, kesigapan dalam melayani masyarakat Kabupaten Magelang utamanya pelanggan perusahaan tersebut.

Perusahaan didirikan di bulan Desember, tentunya diharapkan tidak pernah kesulitan dalam hal air baku. Dalam mengisi ulang tahun ke-41 dilakukan penghijauan di Desa Polengan, Kecamatan Srumbung, ditanami 200 bibit pohon Aren, 150 bibit Beringin, 250 bibit Jenitri, 75 bibit Durian, 50 bibit Kelengkeng, dan 50 bibit Alpokat.

Di Desa Somokerto, Kecamatan Salam, ditanami 250 bibit Jenitri, 100 bibit Durian, 75 bibit Kelengkeng, dan 75 batang bibit Alpokat.

Di Desa Krincing, Secang, ditanami 300 bibit Aren, 150 bibit Beringin, 50 bibit Kelengkeng dan 50 bibit Alpokat.

Selain itu membuat sumur resapan sebanyak delapan buah. Di Desa Sukorejo, Kecamatan Mertoyudan empat unit dan di Desa Bondowoso, Kecamatan Mertoyudan juga empat unit.

Juga ada kegiatan khitanan massal, santunan yatim piatu, dan donor darah.

Dia berterima kasih kepada Bupati atas support kepada perusahaan yang dia pimpin. Dia minta arahan dari orang nomor satu di Kabupaten Magelang itu karena ke depan masih banyak tantangan. Dengan kerja sama karyawan serta dukungan dari pemkab, dia yakin bisa menghadapi berbagai tantangan, sehingga bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat kabupaten Magelang .

Eko Priyono