Anggota Konisi IV DPR-RI, Luluk Nur Hamidah (kedua dari kiri) didampingi Anggota DPRD Wonogiri, Suparmo (kanan), menyerahkan bantuan ayam dan vaksin kepada peternak Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Anggota Komisi IV DPR-RI, Luluk Nur Hamidah MSi, MPa, menegaskan, para peternak di Indonesia perlu diberikan bimbingan teknis (Bintek).

Yakni Bintek tentang manajemen kesehatan hewan dan produktivitas ternak, dalam upaya peningkatan pemberdayaan usaha di bidang peternakan di Tanah Air.

Penegasannya ini, Minggu (31/10), disampaikan saat memberikan sambutan pada acara Bintek Manajemen Kesehatan Hewan dan Produktivitas Ternak di Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.

Pembimbingan teknis diberikan oleh Balai Besar Penelitian Veteriner Bogor Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian RI.

Bintek ini diikuti oleh 50 orang Ketua Kelompok Tani Ternak se Kabupaten Wonogiri. Mereka datang disertai pendamping dari desa.

Balai Besar

Ikut hadir dalam acara ini, Kepala Balai Besar Penelitian Veteriner Bogor Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian, Dr, drh NLP Indi Dharmayanti M.Si bersama tim.

Juga hadir Anggota DPRD dari Fraksi Amanat Kebangkitan Bangsa (AKB) Suparmo, Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Wonogiri, Mat Nawir SAg, MH.

Luluk, Anggota DPR-RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) IV Jateng (Wonogiri, Karanganyar, Sragen), menyatakan, melalui Bintek ini, para peternak menerima pengetahuan tentang kesehatan hewan, dalam upaya meningkatkan usaha peternakannya.

Ini menjadi hal penting dalam usaha peternakan, terlebih di masa pandemi yang telah membuat ekosistem mengalami perubahan besar.

Seperti yang terjadi pada peternak babi di NTT misalnya, dilanda serangan virus yang sangat berdampak pada babi piaraannya.
Di Kabupaten Karanganyar, ada usaha peternakan terbesar di Jawa, yang saat ini juga  mengalami penurunan.

Bantuan Ayam

Virus yang menyerang hewan, seperti antraks dan juga flu burung, berdampak sangat merugikan.

Terkait ini, upaya pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian dan peternakan, harus terus dikembangkan.

Kata Luluk, masalah kesehatan hewan menjadi hal penting untuk menghindarkan ternak piaraan agar tidak sakit.

Sebab bila dibiarkan, penyakit yang menyerang hewan dan ternak piaraan, dapat mengancam pula kesehatan manusia.

Dalam kesempatan tersebut, Luluk, menyerahkan bantuan ayam dan vaksin ternak kepada petani ternak di Wonogiri. Ikut memberikan sambutan Anggota DPRD Wonogiri, Suparmo.

Bintek berjalan aman dan lancar, dengan pengamanan personel Polsek Ngadirojo pimpinan Kapolsek Iptu Anom Prabowo.

Bambang Pur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini