Bupati Arif Sugiyanto dan Forkompinda berfoto bersama para atlet Kebumen yang akan berlaga pada PON Papua dan Peparnas.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN  (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto Rabu (15/9) resmi melepas 26 atlet terbaik kebanggaan daerah tersebut yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas).

Para atlet ini akan mewakili kontingen Provinsi Jateng dari Kebumen untuk berlaga di PON ke-20  yang akan berlangsung di Papua, pada 2- 15 Oktober 2021, dan Peparnas ke-16  pada 2- 15 November 2021, di tempat yang sama.

Bupati menyampaikan rasa bangga kepada para atlet yang akan membawa nama baik Kabupaten Kebumen. Bukan hanya atlet, Kebumen juga mampu mengirimkan satu orang wasit. Artinya, koompetensi wasit dari Kebumen telah diakui tingkat nasional.

“Para atlet ini akan berjuang mengharumkan nama Kabupaten Kebumen. Mengeluarkan segenap daya dan kemampuan, menghadapi kontingen-kontingen dari daerah lain se-Indonesia.  Sebuah perjuangan dan tantangan yang tidak ringan. Tapi yakinlah, siapa yang bersungguh-sungguh, akan mencapai tujuannya,” ujar Arif Sugiyanto di Pendopo.

Bupati Arif Sugiyanto memotivasi atlet Kebumen yang akan tampil pada PON Papua dan Peparnas.(Foto:SB/Ist.)

Bupati meminta para atlet agar tetap fokus, dan terus berlatih. Ia berharap mereka bisa meraih hasil maksimal. “Jangan menjadi  beban, tapi rasa cinta kepada olah raga, rasa cinta kepada daerah, bangsa dan negara, akan membuat semua perjuangan itu terasa indah. Berlagalah secara lebih gigih, gagah dan berani,”tandas dia.

Harus Percaya Diri dan Saling Mendukung

Arif Sugiyanto berpesan bahwa salah satu kunci untuk meraih kemenangan adalah rasa percaya diri dan tidak minder dalam menampilkan kemampuannya. Untuk mewujudkan hal itu diperlukan dukungan dari lingkungan. Dalam hal ini adalah para anggota kontingen. Agar dapat ditumbuhkan suasana yang saling mendukung, memperkuat dan saling memotivasi.

“Siapa pun yang berhasil kita akan siapkab hadiah atau surprise.  Pemerintah akan terus memberikan dukungan kepada para atlet-atlet kita,”tandas Bupati.

Dalam PON Papua ke-20, kontingen Kebumen mengirimkan 15 atlet, terdiri dari tiga cabang olahraga atau cabor. Untuk cabor  Hockey Putra 2 orang, putri 6 orang. Cabor bola tangan putra 1 orang, putri 1 orang. Cabor judo 1 orang atlet. Untuk Peparnas, Kontingen Kebumen juga mengirim 11 atlet, untuk Cabor Atletik, putra 5 orang, putri 3 orang. Catur 1 orang atlet, dan judo 2 atlet.

Salah satu atlet dari Cabor Hockey Indor, Putri Krismonita mengatakan, dirinya telah menyiapkan diri berlatih selama 2,5 tahun untuk sampai pada pertandingan PON Papua. Ia optimistis, bersama seluruh tim bisa memberikan hasil maksimal dengan membawa medali emas.

“Dari persiapan kita rutin berlatih sudah dari 2,5 tahun yang lalu, karena PON Papua kan awalnya mau diadakan 2020. Tapi karena pandemi diundur 2021. Dengan persiapan saat ini kita optimistis bisa membawa medali emas untuk masyarakat Kebumen,” kata Putri.

Atlet putri 23 tahun ini sebelumnya pernah mengikuti Kejuaran Nasional atau Kejurnas PraPON. Ia pun sukses meraih medali emas untuk cabor Hockey Putri. “Saya harap medali yang sama juga bisa kita raih dalam PON Papua ini. Mohon doanya dari seluruh masyarakat Kebumen,” ucap Putri.

Komper Wardopo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini