Papan pengumuman ditempel di rumah yang dijadikan tempat isolasi mandiri (foto: dok)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – PPKM Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal, Kebumen, bersama dengan Polsek Ambal, Selasa (6/7), memasang stiker di rumah warga yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman).

Petugas memasang stiker bertuliskan “Dalam Pengawasan Isolasi Mandiri” berwarna oranye itu agar warga sekitar dan pemilik rumah  lebih peduli memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan memperketat  protokol kesehatan (Prokes).

Di dalamnya juga mencantumkan tanggal isolasi ssebagai pengingat pemilik rumah agar juga menjaga lingkungan sekitar dengan tidak ke mana-mana.

Polres Kebumen mengimbau agar tak mengucilkan warga yang menjalani isolasi mandiri.(Foto:SB/Ist)

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman mengungkapkan, kepada masyarakat sekitar yang di lingkungannya sedang menjalani isolasi mandiri, sebaiknya memberikan semangat bukan malah mengucilkannya.

Namun demikian masyarakat juga harus waspada. Sebab Covid-19 adalah penyakit menular sehingga perlu jaga jarak.”Jika ditandai dengan stiker, malah bagus. Warga yang melihat bisa ikut peduli. Harapannya seperti itu,”jelas Iptu Tugiman.

Setelah melihat stiker, tetangga atau warga setempat bisa mengirimkan makanan atau kebutuhan lainnya. Jika ada kerabat atau teman ingin bertamu bisa lebih waspada setelah melihat stiker.

Bila pemilik rumah bersikeras ingin keluar rumah, padahal waktu isolasi mandiri belum selesai, warga sekitar bisa melaporkan PPKM untuk mengamankan yang bersangkutan. Prinsip isoman atau karantina adalah untuk memulihkan kesehatan sekaligus memutus penyebaran Covid-19.

Komper Wardopo-mul

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini