Himpunan organisasi mahasiswa UMNU Kebumen menyerahkan dana bencana kepada Ketua LBNU Kebumen Muhsinun disaksikan Rektor UMNU Kebumen Dr Imam Satibi MPdI.(Foto;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bencana alam yang menimpa beberapa wilayah Indonesia seperti di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Malang mengundang perhatian mahasiswa Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen menggalang dana untuk membantu meringankan penderitaan para korban.

Aksi tersebut dilakukan pada bulan Ramadan dari 19 s.d 30 April 2021 secara turun langsung kepada masyarakat dan dengan media (transfer rekening).

Pada hari Sabtu (1/5) dana yang terkumpul disalurkan melalui kerja sama dengan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim NU (LPBI NU) Kabupaten Kebumen. Terkumpul nominal Rp. 4.200.000.

Dana diserahkan kepada Ketua LPBI NU Kabupaten  Kebumen  Muhsinun, SHI MEI oleh perwakilan Ormawa diantaranya Siti Maskuroh, Amri “Inayah, Chintya Lili Saputri, Nurkhafifah, dan Muhammad Daud Yusuf. Penyerahan dana bencana itu dihadiri Rektor UMNU Kebumen Dr H Imam Satibi MPdI.

Ketua Pelaksana yang juga mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Tutur Siti Maskuroh  menjelaskan, ide penggalangan dana bencana itu berawal dari keinginan banyak mahasiswa yang ingin melakukan hal positif. Langkah selanjutnya mengkordinir organisasi kemahasiswaan di UMNU Kebumen menggalangan dana guna membantu sesama.

Turun jalan melakukan penggalangan dana dilakukan 25 dan 29 April 2021 di titik perempatan lampu merah serta menyisir beberapa tempat wisata di Kota Kebumen. Untuk secara media penggalangan dana melalui transfer ke Nomor Rekening yang d tutup pada 30 April  Pukul 00.00 WIB.

Ketua LPBI NU Kebumen Mukhsinun berterima kasih kepada Mahasiswa UMNU Kebumen yang telah melakukan penggalangan dana. Kehadiran LPBI NU di Kabupaten Kebumen sebagai lembaga penanggulangan bencana tentu butuh banyak dukungan dari berbagai lini masyarakat.  Salah satunya dari inisiasi mahasiswa.

Muhsinun menyatakan, dana yang telah terkumpul nantinya akan diserahkan kepada penerima melalui pola koordinasi dengan beberapa lembaga sosial kemanusiaan. Hal ini dilakukan supaya dana tepat sasaran.

Rektor UMNU Kebumen Dr H Imam Satibi, MPdI memberikan apresiasi tinggi pada kegiatan mahasiswa tersebut. Apalagi dilakukan di bulan yang barokah ini merupakan hal yang baik sebagai ladang beramal.

Imam Satibi mendukung penuh Organisasi Mahasiswa yang telah menggalang dana untuk para korban bencana yang membutuhkan. “Kami sangat mendukung kegiatan sosial seperti ini. Hal ini bisa dijadikan salah satu ajang pembentukan karakter mahasiswa yang moderat sesuai Visi UMNU Kebumen yakni Setter Moderasi Nusantara,”jelas Imam Satibi.

Rektor UMNU Kebumen itu menilai, kegiatan sosial memberi pelajaran bagi Mahasiswa dalam membantu sesama. Hal ini mendorong mahasiswa tidak hanya berkutat pada keilmuan secara teoritis dalam perkuliahan, namun melakukan pembelajaran terjun langsung kepada masyarakat sebagai pengabdian.

Kepala UPT Perpustakaan dan Humas  UMNU Kebumen Ari Susanto menambahkan, organisasi kemahasiswaan UMNU Kebumen merupakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa dari seluruh Program Studi.

Diantaranya Himpunan Mahasiswa Pendidikan Olahraga (HIMAPOR), Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (HIMABIG), Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia (HIMABI), Himpunan Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (HIMAPAUD), Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMATIF), Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMTS), Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGROTEK), dan Himpunan Mahasiswa Peternakan (HIMAPROTER).

Sedangkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) diantaranya UKM Mahasiswa Tadabhur Jelajah Alam (MATA JALA), UKM Bahasa (REVENEU), UKM Cinema (UMNU Kebumen Creative), UKM Olahraga,  UKM Keagamaan (Tanjizi), dan UKM Paduan Suara (Kridatama Choir).

Komper Wardopo