Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah. Foto: Ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebagai kontribusi nyata dalam mewujudkan optimisme penguatan ekonomi di Jawa Tengah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan serangkaian program promosi dan pengembangan UMKM yang berkesinambungan melalui gelaran UMKM Gayeng.

Dalam gelaran tahun ketiganya kali ini, UMKM Gayeng kembali hadir pada 16 April sampai dengan 23 Mei 2021 di dua negara, yakni Indonesia dan Singapura dengan tema “UMKM Gayeng Monco Negoro: Artisan Jawa Tengah Go International”.

Tahun ini merupakan kali pertama penyelenggaraan UMKM Gayeng di dua negara. Inovasi penyelenggaraan di dua negara ini dilakukan guna mendorong perluasan akses pasar UMKM Jateng, baik dari sisi domestik maupun pasar ekspor.

“Beragam kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain showcase (pameran), capacity and competency buildingbusiness matching, hingga fasilitasi financing dengan lembaga terkait,” Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Pribadi Santoso, Kamis (15/4/2021).

Jadwal pelaksanaan showcase di Suntec City Mall Singapura mulai tanggal 16 April sampai dengan 23 Mei 2021 serta di Mall Paragon Kota Semarang mulai tanggal 28 April sampai dengan 2 Mei 2021.

Tercatat sekitar 24 artisan Jateng akan hadir di showcase UMKM Gayeng di Singapura, sementara itu 32 UMKM akan hadir melengkapi agenda showcase di Semarang melalui beragam kategori produk yakni fashion, food and beverages, craft, agro hingga furniture.

Adapun agenda opening ceremony UMKM Gayeng akan dilaksanakan secara serentak di atrium Paragon Mall Semarang dan di Suntec City Mall Singapura pada tanggal 28 April 2021 pukul 08.00 sampai dengan 11.00 WIB.

Hadir dalam acara sekaligus membuka gelaran tersebut yaitu Anggota Dewan Gubernur (ADG), Rosmaya Hadi, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, serta Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo.

“Kegiatan UMKM Gayeng ini juga dihelat sebagai rangkaian kegiatan promosi UMKM seluruh Jawa tengah yang dilaksanakan secara tematik,” kata Pribadi lebih lanjut.

Agenda ini sekaligus menjadi bagian dari road to #FestivalJogloSemar Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata Indonesia 2021 yang akan digelar di Borobudur pada Mei mendatang.

Rangkaiannya sendiri diawali acara Semarak Pantura di Kota Tegal pada 30 Maret 2021 yang mengangkat produk kopi dan teh, kemudian Festival UMKM dan Ekonomi Syariah Bank Indonesia (FESMABI) di Kota Purwokerto pada 15 April 2021 yang mengangkat produk agro.

Kemudian, rangkaian kegiatan acaranya dilanjutkan dengan Kenduren UMKM di Kota Solo pada tanggal 21 April 2021 dan ditutup dengan UMKM Gayeng 28 April 2021.

Pribadi menjelaskan, melalui pelaksanaan rangkaian kegiatan promosi UMKM tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah diharapkan dapat berkontribusi dalam mendorong optimisme pelaku usaha UMKM, khususnya di Jawa Tengah.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian nyata Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah untuk memajukan kelas UMKM, sekaligus mendorong masyarakat lebih mencintai penggunaan produk-produk UMKM lokal unggulan,” katanya.

Hery Priyono