Ketua dan Komisioner KPU Jepara saat menggelar rakor Pemutakiran Data Pemilih Berkelanjutan.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Untuk memastikan data pemilih pada Pemilu 2024 valid dan berkualitas, KPU Jepara setiap bulan menyelenggarakan rapat koordinasi ( rakor ) pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) periode Maret 202. Rakor yang berlangsung secara luring di aula KPU Kabupaten Jepara, Kamis (25/3) berlangsung sangat dinamis.

Peserta yang diundang antara lain Bawaslu, partai politik, maupun perwakilan Pemkab dan stakeholder lain. Rapat  dipimpin Ketua KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri bersama empat komisioner lainnya, yaitu Muntoko, Ris Andy Kusuma, Muhammadun, dan Siti Nurwakhidatun. Rakor dibuka Sekretaris KPU Da’faf Ali.

Pada kesempatan tersebut Ketua KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri menjelaskan, pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan tersebut akan jadikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu dan pemilihan serentak 2024. “Ini agar menjadi DPT yang berkualitas,” kata Subchan.

Karena itu perlu partisipasi masyarakat pemilih juga stakeholder terkait. “Partisipasi itu perlu dibangun sejak dini bukan saat akan pemungutan suara. Masukan-masukan dari berbagai kalangan dan masyarakat terkait upaya memutakhirkan data pemilih ini menjadi sesuatu yang berharga untuk menjaga mutu daftar pemilih,” kata dia.

Tercatat 877.482 Orang  Pemilih

Muntoko, Anggota KPU Divisi Perencanaan, Data dan Informasi mengatakan hasil pemutakhiran DPB sampai dengan 25 Maret 2021 di Kabupaten Jepara sebanyak 877.482 pemilih. Jumlah ini terdiri atas 437.546 pemilih laki-laki dan 439.936 pemilih perempuan. “Terdapat kenaikan  354 pemilih,” kata Muntoko.

Ketua KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri pada akhir rakor menjelaskan, pelaksanaan pemilu 2024 sesuai simulasi yang dibuat KPU RI setelah rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR RI, tahapannya dimulai pada November 2021.

“Ini dengan simulasi pemungutan suara dilakukan Maret 2024. Sedangkan pemilihan serentak 2024 dilakukan setelah pemilu, yakni November 2024. Tahapan paling awal adalah pendaftaran peserta pemilu. Karena itu parpol mulai saat ini juga perlu bersiap diri,’’ ujar dia.

Hadepe – ua